Lepas Pawai Akbar 1 Muharam, Sutarmidji Ajak Masyarakat Budayakan Salam

oleh
Wali Kota Pontianak, Sutarmidji.

PONTIANAK – Ribuan pelajar di kota Pontianak tumpah ruah di halaman masjid raya Mujahidin, Pontianak, Kamis (21/9/17) pagi.

Para pelajar ini melaksanakan pawai akbar Tahun Baru Islam 1439 Hijriah yang digelar oleh Pemkot Pontianak serta pihak yang terlibat di dalamnya.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji melepas langsung Arak-arakan pawai akbar Tahun Baru Islam atau pawai 1 Muharam tersebut.

Sutarmidji menilai pawai akbar 1 Muharam tahun 2017 ini lebih meriah apabila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ini dilihat dari antusias peserta yang mengikuti pawai akbar tersebut.

“Tahun ini lebih meriah dari tahun biasanya dan saya mengajak masyarakat Pontianak memasyarakatkan salam. Karena ketika memasyarakatkan salam bisa menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya hal yang panas bisa didinginkan karena salam itu punya makna yang menyejukan dan salam adalah salah satu kunci untuk mempererat tali kesatuan umat,” kata Sutarmiji.

Ia berharap kedepan pawai akbar 1 Muharam akan lebih meriah dan seluruh elemen masyarakat di kota Pontianak dapat ikut serta di dalamnya.

“Kalau non muslim mau ikut pun kita persilahkan dan tidak apa-apa untuk merayakan Muharam. Karena Islam itukan rahmatan lil alamin untuk seluruh umat,” jelasnya.

Yang paling penting, kata Sutarmidji adalah momentum tahun baru Islam ini dapat menjadi sarana refleksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

“Lakukan evaluasi-evaluasi dan lakukan perbaikan-perbaikan dalam kehidupan kita sehari-hari dengan memperingati 1 Muharram,” pungkasnya. (Paul)