Kodim Ketapang Gelar Nobar Film G30S/PKI

oleh
Suasana nobar fil G30S/PKI di Makodim Ketapang, Kamis malam

KETAPANG –  Guna menanamkan pemahaman terkait perjuangan TNI dalam menjaga ideologi Pancasila, yang sempat tercoreng oleh pemberontakan Partai Komunis Indonesia di era awal kemerdekaan, Kodim 1203 Ketapang menggelar nonton bareng (nobar) pemutaran film G30S/PKI di Halaman Makodim 1203 Ketapang, Kamis malam (21/09/17).

Nobar yang dilaksanakan pukul 19.30 WIB tersebut, diawali dengan pengantar sejarah singkat PKI dan Proses penumpasan yang dilakukan Mayor Inf Sukur Hermanto, selaku Kasdim, yang kemudian langsung dilanjutkan dengan pemutaran film.

Letkol inf Riko Haryanto selaku Komandan Distrik militer 1203 Ketapang mengatakan, pemutaran film tersebut memang atas perintah panglima TNI, yang ditujukan kepada seluruh prajurit beserta keluarganya, agar dapat memahami sejarah kelam bangsa Indonesia pada peristiwa G30S/PKI tanggal 30 September 1965, sebagaimana disampaikan Panglima TNI.

“Kegiatan nonton film kali ini dilaksanakan atas perintah langsung dari markas besar TNI, untuk dapat terus menjaga keutuhan pemahaman tentang ideologi bangsa, serta mengenang sejarah kelam yang terjadi saat pemberontakan yang dilakukan Partai Komunis Indonesia,” jelasnya.

Tak hanya itu, Dandim juga menegaskan pihaknya akan selalu siap menjadi garda terdepan dalam menumpas setiap usaha untuk menggoyangkan ideologi pancasila, baik dari luar maupun dalam negri.

“yang jelas saat ini kami selaku anggota TNI Angkatan Darat, akan selalu siap menjadi garda terdepan dalam upaya menjaga keutuhan bangsa, serta nilai-nilai Pancasila. Baik itu ancaman pemahaman komunis dari luar maupun dalam negeri,” tegasnya.

Hingga beberapa hari kedepan, Kodim 1203 Ketapang berencana akan menggandeng sejumlah pihak, seperti pihak kepolisian dan aparat pemerintah daerah, untuk dapat menggelar kegiatan serupa, yang nantinya dapat melibatkan masyarakat ramai, dalam upaya mengenang perjuangan bangsa dalam melawan kekejaman pada pemberontakan G30S/PKI di masa lampau. (rossi yulizar)