Karhutla Muncul di Kecamatan Bataguh

oleh
Inilah kobaran api yang terjadi di Desa Budi Mufakat, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas

KUALA KAPUAS – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terlihat di wilayah Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, tepatnya di Desa Budi Mufakat Handel Bahanau, Kamis (21/09/17) sekitar pukul 12.00 wib.

Untungnya, pemadam desa sigap bergerak melakukan pemadaman sehingga api berhasil dipadamkan pemadam kebakaran Budi Mufakat dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama.

“Jujur saya salut dengan Pemadam Kebakaran Desa Budi Mufakat, cepat tanggap dalam  menangani karhutla yang terjadi di desanya,” ucap Camat Bataguh, Budi Kurniawan, Kamis (21/09/17).

Untungnya, tambah Budi, unsur tripika begitu solid dalam penanganan karhutla yang terjadi. Untuk  itu, pihaknya  berencana akan mengumpulkan seluruh kades dan tim pemadam kebakaran desa guna menyiapkan langkah-langkah antisipasi karhutla, sekaligus memperkuat kapasitas desa dalam penanggulangan karhutla.

Hal ini terbukti pada Kamis siang, damkar desa cepat dan tanggap dalam merespon kejadian karhutla, termasuk kesiapan sarana dan prasarana penanggulangan karhutla, serta kesiapan SDM-nya yang bisa dianggarkan melalui DD/ADD.

“Jadi desa membentuk unit penanggulangan bencana, dimana sarana dan prasarananya disiapkan oleh Pemerintah Desa, termasuk personilnya. Hal ini cukup efektif untuk penanganan darurat apabila ada kejadian kebakaran,” ungkap Budi Kurniawan.

Diperlukan penanganan yang serius, sehingga tidak menimbulkan bencana dari karhutla berupa asap yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. (Nad)