Kantor Desa Kandang Jaya Dijadikan Tempat Transaksi Zenith

oleh
Petugas kepolisian dan TNI saat menggeledah Kantor Desa Kandang Jaya

PARINGIN – Jika di tempat lain, Kantor Desa digunakan untuk melayani masyarakat, tidak dengan di Desa Kandang Jaya, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, dimana kantor desa yang sekaligus kantor kepala desa tersebut sering digunakan salah satu oknum aparat desanya diduga digunakan untuk bertransaksi obat daftar G jenis Carnophen Zenith.

Dia adalah Uwing (34) yang saat ini ditahan pihak kepolisian guna mempertanggung jawabkan perbuatannya. Pelaku yang merupakan warga desa setempat ini, ditangkap anggota Polsek Lampihong , Rabu (20/09/17) saat berada di Kantor Desa.

Kapolsek Lampihong, Ipda Krismianto mengungkapkan, penangkapan Uwing bermula saat aggota Polsek Lampihong mendapatkan informasi dari masyarakat, jika di kantor Kepala Desa Kandang Jaya sering terjadi transaksi jual beli obat daftar G jenis Carnopen atau Zenith.

Mendapat informasi tersebut, kata Krismianto, dirinya bersama anggota langsung mendatangi Kantor Kepala Desa Kandang Jaya.

“Sampai di TKP, kita langsung melakukan penangkapan dan penggeledahan terhadap pelaku,” ujarnya.

Saat digeledah, lanjut Krismianto, didapati di kantong celana depan sebelah kanan pelaku,  4 (empat) butir obat Zenith dan uang tunai hasil penjualan sebanyak Rp344.000.

Saat diintogerasi lebih lanjut, didapati lagi 100 Zenith yang disimpan pelaku di halaman kantor desa yang dibungkus plastik warna hitam.

“Pelaku dan barang bukti diamankan di Polsek lampihong guna penyelidikan lebih lanjut,” tuturnya.

Pelaku akan dikenakan Undang-Undang Farmasi dan atau alat kesehatan yang tidak memiliki ijin edar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 197 UU RI No 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan dengan ancaman hukaman penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp1.500.000.000. (sugianoor)