Dukcapil Gunung Mas Genjot Pelayanan e-KTP

oleh
Ilustrasi

KUALA KURUN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) saat ini sedang melakukan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) seperti pelayanan Kartu Keluarga (KK) dan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di wilayah Kecamatan Rungan Hulu, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Rabu (20/9/17) hingga Minggu (24/9/17).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Gunung Mas, Margori Limin mengatakan, terhitung mulai Rabu (20/9/17) kemarin, pihaknya telah melakukukan pelayanan di Desa Jangkit dan Sangal, dilanjutkan ke Desa Batu Puter dan Tumbang Lapan pada Kamis (21/9/17) hari ini.

“Kemudian pada (22-23/9/17) pelayanan dilakukan di Kelurahan Tumbang Rahuyan, Desa Sei Antai dan Tumbang Tuwe. Pada (24/9/17), pelayanan adminduk dilakukan di Desa Tumbang Mukai dan Hatapang,” terangnya.

Masyarakat di wilayah Kecamatan Rungan Hulu diharapkan dapat memanfaatkan sebaik mungkin dengan mempersiapkan diri dan dokumen pendukung yang diperlukan. Dengan demikian, disaat petugas Disdukcapil Kabupaten Gunung Mas menyambangi desa-desa tadi, maka masyarakat dapat siap dan memanfaatkannya.

Pihaknya pun sudah menyampaikan perihal layanan jemput bola kepada Kecamatan Rungan Hulu. Disamping itu, Kepala Desa (Kades) dan Lurah setempat pun diharapkan dapat turut mengkoordinir warga masing-masing agar memanfaatkan layanan dari Disdukcapil Kabupaten Gunung Mas.

Margori berpesan kepada masyarakat agar tidak mengabaikan Adminduk, mengingat adminduk sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan.

“Untuk mengurus pengadministrasian di bank, BPJS, dan lainnya, itu semua memerlukan adminduk. Jangan sampai saat diperlukan baru diurus,” ungkapnya.

Ditambahkannya,  yang tak kalah penting, masyarakat diminta mengurus sendiri adminduk tanpa melalui perantara calo, guna menghindari kesalahpahaman dan terjadinya fitnah.

“Yang pasti semua pelayanan dari Disdukcapil Kabupaten Gunung Mas gratis, tidak dipungut biaya. Masyarakat diharapkan memanfaatkan layanan dari kami,” pungkasnya. (rol)