Pengerukan Alur Sungai Kapuas Murung Tidak Gunakan Uang Negara

oleh
Ketua komisi III DPRD Kabupaten Kapuas Kunanto dan jajaranya serta didampingi Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin Gasan kemarin 19/9 menyempatkan berfoto bersama pihak Kementrian Perhubungan RI.

KUALA KAPUAS –  Rencana pengerukan alur  sungai Kapuas Murung hingga Batanjung sudah dapat dipastikan akan dilakukan oleh pihak ketiga atau investor.

Hal ini diungkapkan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kapuas, Kunanto pada Selasa (20/9/17). Kunanto mengatakan keputusan itu setelah adanya kunjungan kerja ke Kementerian Perhubungan.

“Kita disambut oleh Rudy Irwansyah staf bagian pengerukan dan reklamasi dirjen perhubungan” kata Kunanto.

Berdasarkan hasil pertemuan itu, kata dia maka diambil keputusan jika pengerukan alur itu akan bersifat perjanjian konsesi.

“Perkerjaan tersebut tidak menggunakan anggaran pemerintah baik APBN maupuan APBD,
Perusaahan PT. Satria Baru Maujo (SBU)sebagai badan usaha yang ditunjuk oleh kementrian perhubungan melaksanakan pekerjan pengerukan alur sungai kapuas murung sifatya adalah invetasi dimana pekerjaan tersebut dapat dilaksanakan apa bila memenuhi persyaratan dokumen, seperti kelayakan admintrasi, finansial dan kelayakan amdal,” ujarnya.

Lanjut Kunanto, berdasarkan keterangan didapat bahwa investor oleh pihak Kementrian sebagai sumber pendanaan belum memberikan kelayakan dokumen.

“Apabila kelayakan dokumen telah dilakukan kajian oleh kementrian perhubungan sesuai dgn dukumen kelayakan pengerukan sungai, baru boleh dilaksanakan pengerukan oleh perusahaan PT SBU tersebut,” pungkasnya. (Nad)