Pemkab Kapuas Hibahkan Uang Untuk Panwaslih

oleh
Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat menyerahkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah kepada Ketua Panwaslih Iswahyudi Wibowo usai penandatanganan, Rabu (20/09/17) siang

KUALA  KAPUAS – Mewakili Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Kapuas, tentang hibah dalam bentuk uang dalam rangka penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Tahun 2018.

Penandatanganan itu dilakukan oleh Ketua Panwaslih, Iswahyudi Wibowo dengan Bupati Kapuas di ruang rapat Bupati yang dihadiri Sekda Rianova dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Syafiri, Rabu (20/09/17) siang. Selain penandatangan hibah juga ditandangani fakta integritas.

Adapun jumlah hibah uang sebesar Rp7.925.571.000 dan sumber pembiayaan berasal dari APBD Kabupaten Kapuas. Pemberian hibah tersebut akan dibagi dua tahap. Pertama pada tahun anggaran 2017 sebesar Rp1.250.000.000 dan tahun anggaran 2018 sebesar Rp6.675.571.000.

Tujuan pemberian dan penggunaan hibah tersebut untuk membiayai pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Tahun 2018, mulai tahap persiapan dan penyelenggaraan hingga berakhirnya proses pemilihan.

“Uang yang dihibahkan tersebut juga untuk memenuhi kebutuhan biaya panitia pengawasan pemilihan Kabupaten Kapuas,” tuturnya.

Iswahyudi Wibowo mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kapuas yang telah memfasilitasi Panwaslih dengan meminjamkan kantor di Jalan Seroja (eks Kantor Perusahaan Daerah Panunjung Tarung).

Menurutnya Pemkab Kapuas merupakan pemkab kedua yang menandatangani NPHD setelah Sukamara.

“Kami akan menggunakan dana tersebut untuk kegiatan pengawasan tahapan pilkada dengan penuh tanggungjawab sesuai penandatangan fakta integritas,” kata Iswahyudi.

Sementara Ben Brahim S Bahat meminta Panwaslih Kabupaten Kapuas agar mempergunakan dana tersebut dengan penuh tanggungjawab. Dia meminta selalu berkoordinasi dengan Pemkab Kapuas agar pelaksanaan Pilkada berjalan dengan lancar.

“Selamat kepada seluruh anggota Panwaslih. Selamat bertugas semoga lancar dan sukses. Mari sukseskan pemilihan kepala daerah agar bisa berjalan lancar, jujur serta adil,” tukasnya. (Nad)