Kelangkaan Pupuk Terjadi di Kabupaten Kapuas, Ini Alasannya..

oleh
Yaya, Kasi pupuk, pestisida dan alsintan dinas pertanian kabupaten Kapuas

KUALA KAPUAS –  Kelangkaan pupuk terjadi di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah dalam beberapa waktu terakhir.

Akibat kelangkaan ini petani setempat terpaksa membeli pupuk ke Kabupaten tetangga. Jenis pupuk yang mengalami kelangkaan di Kabupaten Kapuas sendiri adalah jenis Pestisida.

Dinas terkait menyatakan kelangkaan pupuk ini diakibatkan permintaan yang banyak, sementara kuota pengadaan pupuk ke Kabupaten Kapuas masih sedikit.

“Kebutuhan pupuk urea yang dibutuhkan untuk tanaman pangan sebanyak 8.185.080 kg  yang tersedia hanya 5.320.000 kg saja, atau sekitar 65 persen saja dari kebutuhan,” ujar Yaya, Kasi pupuk, Pestisida dan Alsintan Dinas Pertanian kabupaten Kapuas ditemui di ruang kerjanya, Rabu (20/9/17).

Lanjut dia, untuk pupuk jenis SP 36 dibutuhkan sebanyak 3.982.393 kg yang tersedia hanya 1.490.000 atau sekitar 37.41 persen saja, sedangkan untuk pupuk jenis NPK yang dibutuhkan sebanyak 4.526.929 kg namun tersedia hanya 2.085.000 kg saja.

“Kita  akan terus berjuang agar kebutuhan pupuk di Kapuas dapat terpenuhi, dalam hal kebutuhan pupuk ini kuota sudah diatur oleh dinas Pertanian provinsi sehingga pihaknya tidak dapat berbuat banyak dalam hal ini,” tambahnya.

“Yang pasti saya berjanji akan terus berjuang agar kuota jebutuhan pupuk di kabuoaten Kapuas dapat terpenuhi,” sambungya.  (Nad)