Hari Ini 10 Titik Panas Terpantau di Kalbar

oleh
Ilustrasi

KUBU RAYA – 10 titik panas di lima Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat ditemukan pada Rabu, 20 September 2017. Sepuluh titik panas itu terdapat di kabupaten Ketapang sebanyak lima titik panas, Kabupaten Sanggau terdapat Dua titik panas, sementara untuk Kabupaten Kubu raya, Bengkayang dan Kabupaten Sambas masing-masing hanya terdapat satu titik panas saja.

Berdasarkan pantauan satelit Terra yang dimonitor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak, hari ini terdapat sepuluh titik panas dengan persentase yang berbeda.

Prakirawan BMKG Supadio Pontianak, Dasmian Sulvani menerangkan bahwa, dihari sebelumnya jumlah titik panas di wilayah Kalimantan Barat ini terdapat dua puluh tujuh titik panas yang tersebar di beberapa Kabupaten, namun untuk pantauan satelit hari ini, hanya ada sepuluh titik panas saja. Dan titik panas terbanyak hari ini terdapat di Kabupaten Ketapang.

“Terdeteksinya sepuluh titik panas ini, belum diketahui apakah itu merupakan kebakaran lahan atau bukan, karena memang banyak faktor yang menyebabkan timbulnya sebaran titik panas, karena BMKG hanya berdasarkan pada pantauan satelit saja,” kata Dasmian.

Dasmian juga menambahkan bahwa untuk prediksi cuaca selama satu minggu kedepannya, wilayah Kalimantan Barat akan diguyur hujan dengan skala yang bervariatif dan itu merata disemua Kabupaten/ kota di Kalimantan Barat ini.

“Hujan dengan potensi ringan, sedang hingga lebat yang disertai angin dan guntur akan berpotensi besar terjadi seminggu kedepannya di seluruh wilayah Kalimantan Barat dan sekitarnya,” ungkap Dasmian.

Untuk itu Dasmian berharap agar masyarakat selalu tetap waspada apalagi jika hujan turun disertai dengan angin kencang dan guntur petir berdurasi singkat, karena potensi angin puting beliung bisa terjadi. (fsl)