Gelombang Dukungan pada Warga Rohingya Terus Mengalir

oleh
Muslimat NU Sanggau saat melakukan penggalangan dana bagi pengungsi Rohingya
SANGGAU – Keprihatinan atas tragedi kemanusian yang dialami umat muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar, terus mengalir.
Desakan untuk menghentikan kekerasan terus digelorakan oleh berbagai komunitas dunia. Bentuk menentang tragedi kemanusiaan tersebutpun ditunjukkan dengan cara beragam. Seperti yang dilakukan oleh Pengurus Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama (PC Muslimat) Kabupaten Sanggau pada Selasa (19/9/17) sore.
Mereka menggelar aksi peduli Rohingya, dengan mengumpulkan pundi – pundi rupiah. Aksi yang dilaksanakan oleh kaum ibu – ibu tersebut dilakukan selama dua hari dari tanggal 18 – 19 Sebtember 2017.
“Kami turun langsung ke jalan, lampu merah, pasar dan toko – toko tepi jalan utama kota Sanggau, kami turun pagi sampai jam 12 siang, dilanjutkan sore harinya,” kata Nurqamariah, sekretaris PC Muslimat NU Sanggau kepada wartawan, Rabu, (20/9).
Ia berterimakasih kepada warga Sanggau yang sangat antusias memberikan donasinya
“Begitu melihat dan membaca poster “Sanggau Peduli Rohingya” bahkan ada yg datang sendiri menghampiri relawan untuk memberikan sumbangannya, masyarakat sangat mendukung aksi kami,” akunya.
Dari aksi tersebut, lanjut Maria, sapaan akrabnya, terkumpul donasi sebesar Rp4,8 juta. Dana yang terkumpul tersebut, rencananya akan di transfer ke rekening Pengurus Pusat (PP) Muslimat NU di Jakarta.
“Tanggal 21 Sebtember rencananya bantuan yang kita kumpulkan ke PP Muslimat akan dikirim ke Rohingya,” ujar dia.
Dia mengajak masyarakat Sanggau khususnya, untuk bijak menyikapi isu Rohingya. Pemerintah tetap berkomitmen membantu dengan melakukan lobi – lobi politik termasuk mengirimkan bantuan.
“Percayakan kepada pemerintah, dan jangan mudah percaya dengan isu yang beredar di media sosial yang mencoba memecahbelah kita sebagai anak bangsa yang terlahir beragam ini,” ingatnya.(indra)