DPPKB HSU Gelar Orientasi Kampung KB

oleh
Orientasi Kampung KB

AMUNTAI – Dikarenakan Desa Rantau Bujur Darat (RBD), Kecamatan Sungai Tabukan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, dicanangkan sebagai ‘Kampung KB Mantap’ oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, maka Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Rabu (20/09/17), melakukan orentasi dan pembinaan Kampung KB.

Suhaimi, selaku juru bicara DPPKB mengatakan, kampung KB mantap dituntut mempunyai beberapa kelompok kegiatan, yakni Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) atau yang akrab dikenal tribina.

Kampung KB ditekankan memiliki kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga (UPPKS) yang bergerak dalam peningkatan perekonomian keluarga.

“Kelompok memiliki peran penting dalam perjalanan kampung KB. Kesemua perjalanan kampung KB nantinya, tidak bisa dipisahkan dan saling berkaitan,” katanya.

Senada dikatakan Kepala UPT KB Ismawati. Menurutnya, seorang petugas KB bisa membantu pelaksanaan program kampung KB maupun lainya yang ada di desa. Meskipun seorang kader bekerja secara sukarela, namun dituntut memiliki inovasi dan kreatif.

“Sebagai kader, kita harus mampu ramah dan menghargai orang lain, mampu berkomunikasi, saling mengayomi dan mengedepakan toleransi,” tuturnya.

Sementara itu, Suwardy dari Paguyuban Juang Kencana HSU mengatakan, setiap kader perlu memiliki keterampilan. Mampu menyusun konsep penyuluhan, bisa dan baik dalam meyampaikan pesan.

“Dan mengusai materi dan arena belajar keterampilan dalam berbahasa,” pungkasnya. (yusuf)