10 Jemaah Haji Kalbar Wafat di Tanah Suci

oleh
Jemaah haji Kalbar yang tiba di asarama haji Kalbar, Jalan Sutoyo, Pontianak

PONTIANAK – Rombongan Jemaah Haji Kalimantan Barat mulai tiba di asrama haji Kalbar, Rabu (20/9/17).

Kasubag Informasi dan Humas Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Sangadah ketika ditemui mengatakan, bersyukur  447 Jemaah haji Kalimantan Barat sampai dengan selamat.

Kata dia, kali ini rombongan jemaah haji yang datang berasal dari Kabupaten Kubu Raya, Sekadau, Kayong Utara dan Kota Pontianak.

“Setidaknya ada 10 Jemaah Haji Kalimantan Barat yang meninggal dunia saat pelaksanaan ibadah haji, dan jenazah mereka dikebumikan disana,” kata Sangadah.

Sacara umum lanjut Sangadah untuk kepulangan jemaah haji Kalimantan Barat berjalan lancar, kalau pun ada yang sakit ringan kita sudah ada tim medis yang siap memberikan arahan untuk tetap menjaga kesehatan.

“Setelah tiba di asrama Haji kita ada pengarahan untuk tetap menjaga ketaqwaannya. Karena untuk menjadi haji. Tapi yang lebih berat menjaga kemabrurannya,” katanya.

Secara umum total jemaah yang terdaftar dan punya hak untuk berangkat ada 2525 jemaah tapi yang berangkat hanya 2515 jemaah

“ Karena yang 10 gagal berangkat disebabkan ada yang meninggal dan ada yang sakit. Sehingga tidak memungkinkan untuk diberangkatkan. Bahkan sudah ada yang sampai di Batam karena sakit keberangkatannya dibatalkan. Jadi total  yang pulang ke Kalimantan Barat hingga Ahad nanti Insya Allah 2505 Jemaah, karena ada yang meninggal di di Mekkah dan Madinah,” pungkasnya. (Paul)