PMI Kapuas Ikuti Pameran Sibat Tingkat Nasional

oleh
Tim dari PMI Kabupaten Kapuas nampak mewakili Kalteng dalam kegiatan Temu Sukarelawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) ke II Nasional, di Gunung Pancar Bogor, Jawa Barat

KUALA KAPUAS – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menjadi bagian dari 19 peserta seluruh Indonesia, yang mengikuti kegiatan Temu Sukarelawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) ke II Nasional. Kegiatan yang diikuti relawan desa dari PMI ini berlangsung selama empat hari di Gunung Pancar Bogor, Jawa Barat sejak, Minggu(17/09/17).

Keikut sertaan PMI Kabupaten Kapuas di kegiatan tersebut sebagai wakil dari Kalteng, lantaran Kapuas memiliki program kesehatan dan pertolongan pertama berbasis masyarakat (KPPBM) yang tidak dimiliki kabupaten lain.

Di kegiatan temu Sibat ini, relawan akan berbagi pengalaman dan mempresentasikan di depan relawan lainnya mengenai program yang dijalankan. Selain itu, berbagai kegiatan diikuti dalam temu sukarelawan Nasional ini, seperti latihan gabungan, loka karya, pemilihan duta Sibat, pameran dan penampilan budaya daerah.

Kepala Markas PMI Kapuas, dr Djumatil Fajar, mengatakan, keikutsertaan Kabupaten Kapuas merupakan suatu penghargaan bagi relawan.

“PMI Kapuas dipilih mewakili Kalteng karena memiliki relawan desa pada program KPPBM yang disupport red cross Spanyol dulu,” ungkap dr Djumatil Fajar, Selasa (19/09/17) .

Sementara Ketua PMI Kabupaten Kapuas, Ary Egahni Ben Bahat, SH dimana sehari sebelumnya melepas keberangkatan peserta mengharapkan agar peserta dapat menjaga nama baik daerah Kalteng.

“Mewakili Kalteng merupakan sebuah penghargaan bagi PMI Kapuas dan kita punya tanggung jawab untuk menjaga nama baiknya, lakukan semaksimal mungkin,” tegasnya.

Ditambahkannya, kepada tim relawan Kapuas agar jangan mengabaikan kesehatan selama di tempat kegiatan, mengingat lokasinya berada di wilayah hutan wisata dengan kedinginan yang cukup tinggi.

“Saya rasa persiapan tim sudah cukup matang, semoga lancar dan membawa nama baik daerah serta memiliki manfaat di masyarakat,” pesan Ary yang juga merupakan isteri dari Bupati Kapuas ini. (Nad)