Partisipasi Masyarakat Kapuas Dalam Pilkades Cukup Tinggi

oleh
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Drs. Ibak, MPd

KUALA KAPUAS – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Drs. Ibak, MPd menyebutkan, partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2017 cukup tinggi.

“Untuk tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkades serentak kali ini cukup tinggi. Mengingat gaung Pilkades sudah berlangsung cukup lama, jadi partisipasinya cukup tinggi,” ungkap Drs Ibak, kepada sejumlah awak media, Selasa (19/09/17).

Persentasi partisipasinya, sambung mantan Kepala Kesbangpolinmas Kapuas itu, mencapai 90 persen.

“Ya partisipasinya, 80 sampai 90 persen,” sebutnya.

Dirinya menambahkan, dari 44 Desa di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas, pelaksanaan Pilkadesnya berlangsung aman, lancar, dan tertib.

“Ini semua karena kerja sama dari semua pihak terkait, seperti pihak kepolisian. Sehingga seluruh desa yang menyelenggarakan Pilkades berjalan dengan baik,” kata Ibak.

Mengenai masalah, sambungnya, hingga saat ini belum terlihat.

“Tapi informasinya ada, cuman itu hanya sebagian kecil saja. Dan masalahnya mungkin hanya ketidakpuasan karena kalah,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan kepada calon yang menang dalam Pilkades nanti, agar jangan beruforia berlebihan.

“Yang jelas dapat melaksanakan tugas pemerintahan yang baik, membawa desanya ke arah yang lebih baik, dan dapat mengelola Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa secara baik,” pintanya.

Bagi yang kalah, lanjutnya, jangan berkecil hati, dan terimalah kekalahan tersebut.

“Masih ada di tahun berikutnya. Dan tentunya, yang kalah tetap berpartisipasi dalam pembangunan desanya,” pungkas Ibak. (Nad)