Listrik di Sekadau Sering Byar Pet

oleh
Ilustrasi

SEKADAU – Manajer PLN Ranting Sekadau, Risky Ramdhan Yusup menuturkan, suplai listrik di Kabupaten Sekadau tidak berasal dari sistem khatulistiwa. Sebab, kata dia, Sekadau suplai listrik berasal dari mesin sendiri yakni PLTD Suak Payung dan dari PLTU Sanggau.

“Kondisi sutet yang tersambar petir tidak berpengaruh di Kabupaten Sekadau,” ujarnya Senin (18/9/17).

Namun, Risky tak menampik belakangan listrik di Sekadau padam. Hal itu, kata dia, lantaran adanya kendala di PLTD Suak Payung yang menyebabkan mesin black out.

“Tapi sudah diperbaiki. Mudah-mudahan listrik lancar kembali,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, saat ini sudah mulai musim hujan disertai angin kencang. Sehingga, kata dia, jaringan rawan dari pohon maupun petir.

“Antisipasi dari PLN, kami rutin melaksanakan pemeliharaan agar potensi padamnya karena gangguan jaringan bisa berkurang,” jelasnya.

Sementara itu, Handi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sekadau menuturkan, persoalan padamnya listrik masih saja terjadi. Bila terjadi byarpet, kata dia, tentunya sangat berpengaruh pada masyarakat.

“Kondisi byarpet tentu sangat menganggu, belum lagi bisa menyebabkan korsleting. Ini kan bahaya,” ucap Politisi Fraksi Partai Gerindra itu.

Untuk itu, kata dia, diharapkan, persoalan listrik dapat teratasi. Sehingga, kata dia, PLN harus belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya dengan listrik yang menyala tentu masyarakat menjadi nyaman.

“Bahkan kami sudah sering memanggil pihak PLN menanyakan masalah yang terjadi. Kami tentu berharap persoalan listrik itu bisa diatasi,” pungkasnya. (Yahya)