Kapolres Kapuas Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak

oleh
Kapolres Kapuas, AKBP Sachroni Anwar Sik SH MH bersama jajaran

KUALA KAPUAS – Kapolres Kapuas, AKBP Sachroni Anwar Sik SH MH melakukan kunjungan lawatan ke Dinas PMDes Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Selasa (19/09/17). Hal ini dalan rangka pengecekan terakhir terhadap pelaksanaan Pilkades serentak yang baru saja dilaksanakan.

Dinas PMDes merupakan dinas yang bertanggung jawab, dalam pelaksanaan Pilkades serentak dan Polres Kapuas selaku instutusi penegak hokum, harus mengetahui sejauh mana pelaksanaaan Pilkades serentak dilaksanakan.

“Kami wajib mengetahui, sejauh mana pelaksanaan Pilkades serentak, termasuk penyampaian kotak suaranya,” ujar Kapolres.

Sebelumnya, Polres Kapuas juga telah melakukan pemantauan kegiatan Pilkades serentak yang dilaksanakan kemarin dan semua kegiatan berlangsung aman dan lancar. Tentunya, kegiatan ini tidak terlepas dari peran serta aparat kepolisian yang bertugas di lapangan.

“Sebab apapun alasannya, setiap ada kegiatan besar seperti Pilkades serentak, merupakan tanggung jawab penuh pihak kepolisian dalam hak pengamanan,” ungkap Kapolres.

Dari hasil wawancara dengan Kadis PMDes didapat informasi, jika masih ada tiga kecamatan yang belum menyerahkan kotak suara, diantaranya Kecamatan Kapuas Kuala, Kapuas Hulu dan Kapuas Tengah.

Terpisah, Kepala Dinas PMDes Kabupaten Kapuas, Drs Ibak membenarkan, ada 3 kecamatan yang belum menyerahkan kotak suara nya.

“Keterlambatan itu disebabkan jarak yang terlalu jauh, sehingga tidak secepat kecamatan yang berjarak dekat,”  pungkasnya. (Nad)