Kabupaten Balangan Miliki Pusat Oleh-oleh, Apa Saja Sih yang Dijual..?

oleh
Peresmian pusat oleh-oleh Sanggam Mart Balangan oleh Bupati

PARINGIN– Masyarakat Balangan, Kalimantan Selatan boleh sedikit berbangga saat ini, karena sudah memiliki sebuah gerai sebagai pusat oleh-oleh khas kabupaten berjuluk Bumi Sanggam tersebut.

Pusat oleh-oleh dan cinderamata khas yang berisi produk khas unggulan Balangan dengan nama Sanggam Mart yang berada di Jalan A Yani Km 1 Kelurahan Batupiring ini, resmi dibuka bupati Balangan Anshruddin, Selasa (19/9/17).

Dalam sambutannya Bupati, mengungkapkan, keberadaan Sanggam Mart sebagi pusat oleh-oleh yang berisi produk Usaha Kecil Menengah (UKM) bisa dijadikan wahana mengembangkan, mempromosikan dan memasarkan produk-produk UKM serta untuk meningkatkan pertumbuhan Usaha Mikro dan Kecil.

Untuk itu, Bupati meminta, keberadaan gerai pusat oleh-oleh khas Balangan dan cinderamata Sanggam Mart ini harus didukung keberadaannya. Bukan hanya sebatas pusat oleh-oleh tapi hendaknya, juga menjadi pelecut semangat bagi kalangan pengrajin maupun pemilik usaha untuk memajukan usaha dan produknya.

“Pusat oleh-oleh Sanggam Mart ini harus dimanage dengan baik, kalau perlu berbasis teknologi. Aspek promosi juga harus diperhatikan, kalau tidak, promosi hasil produksi kita hanya akan menjadi bahan ketawa pihak lain”, timpal bupati.

Ansharuddin optimistis, jika kehadiran Gerai oleh-oleh dan cinderamata Sanggam Mart dikelola dengan baik dan promosi yang mumpuni, maka tidak mustahil akan mengangkat perekonomian masyarakat Balangan khusunya bagi para pelaku UKM.

Sedangkan pengelola Sanggam Mart, Saiful Arif mengungkapkan, jika pusat oleh-oleh khas Balangan Sanggam Mart ini merupakan hasil kerjasama Lembaga Inkubator Bisnis (Link B) Balangan dengan PT Adaro.

Dimana kata Arif, Sanggam Mart ini memajang atau menjual produk unggulan khas Balangan yang berasal dari para pelaku UKM, baik itu produk makanan, kerajinan maupun produk lainnya. Tapi saat ini, kata Arif, belum semua produk ada, hanya sekitar 20 produk UMK yang sudah di pajang di Sanggam Mart.

“Lewat Sanggam Mart ini kami ingin turut serta untuk memajukan keberadaan produk unggulan khas Balangan, khususnya produk yang baik secara kualitas maupun kesehatan. Selain itu, keberadaan Sanggam Mart ini juga sekaligus menyediakan wadah sebagai pusat produk unggulan Balangan yang mudah diakses masyarakat,” pungkasnya. (Sugianoor)