Anak Muda Palangka Mulai Gemari Ontel

oleh
Para anggota Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kalteng

PALANGKA RAYA – Tidak dipungkiri, keberadaan pencinta sepeda ontel yang lebih dikenal dengan ontelis di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mampu menyedot perhatian masyarakat. Bahkan banyak yang tak mengetahui, ternyata Wakil Gubernur Kalteng, Habib Said Ismail, sudah lama mengiikuti Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kalteng.

Sangat cintanya Wagub kepada transportasi yang digunakan saat masa penjajahan dulu dan untuk melestarikan sepeda tua ini, seminggu sekali Habib Said pergi ke kantor menggunakan sepeda ontel.

“Kalau perlu seminggu sekali, semua ASN bersepeda ke kantor, walau tidak harus sepeda ontel. Jadi selain berolahraga juga ramah lingkungan,” kata Habib Said Ismail, Selasa (19/09/17).

Wagub juga mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya anak muda, untuk ikut serta melestarikan sepeda tua yang mempunyai nilai sejarah. Sehingga, saat dirinya sedang menggunakan ontel, selalu memakai gamis dan sandal jepit.

Sementara itu, Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kalteng, H Sunarto menjelaskan, selama 12 tahun berdiri di Kalteng, hingga saat ini tercatat sekitar 500 ontelis yang terdaftar. Ini membuktikan, ontel semakin dicintai masyarakat.

Bahkan sepeda ontel saat ini sudah mulai digemari generasi muda, karena anggota Kosti ada yang masih duduk di bangku SMP.

Menurutnya, dengan menggunakan sepeda ontel, berarti melestarikan sejarah, dan bukan sekedar olahraga ataupun digunakan hanya untuk rekreasi saja.

Pasalnya, sepeda ontel tidak bisa dilepaskan dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, yang saat itu ontel merupakan alat transportasi.

“Ini yang harus kita pertahankan agar bagian cagar budaya yang hampir punah tetap bisa dilestarikan. Makanya kami juga dianjurkan menggunakan baju perjuangan, sehingga akan semakin mengenang perjuangan zaman dulu,” pungkasnya. (TV)