Orang Tua Diimbau Pantau Perkembangan Anak

oleh
Anggota DPRD Kota Singkawang, Anton Triadi

SINGKAWANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Singkawang mengimbau kepada orangtua agar lebih ketat mengawasi anak-anaknya. Pasalnya, saat ini di beberapa Provinsi sedang diserang Pil Paracetamol, Caffeine, Carisoprodol (PCC).

“Kita belum tahu apakah di Kota Singkawang obat Pil PC sudah beredar atau belum. Tapi, saya mengimbau masyarakat supaya tetap waspada, kemungkinan beredarnya obat keras golongan G tersebut,” kata Anton Triadi.

Legislator PDI Perjuangan ini mengaku prihatin atas kejadian yang menimpa sejumlah Provinsi di Indonesia. Apalagi, sebagian korban merupakan anak-anak dan pelajar.

“Saya harap BNN, Balai POM, Dinas Kesehatan. serta kepolisian dapat bersama-sama melakukan upaya penanggulangan secara dini serta melakukan penyelidikan terhadap Pil PCC. Sebab itu sangat berbahaya sekali kalau sampai pil PCC ada di Kalbar,”paparnya.

Menurut Anton, keluhan umum yang terjadi adalah gangguan kepribadian. Seperti mengamuk, bicara kacau, membenturkan kepala ke tembok serta gangguan disorientasi lainnya.

Tak hanya itu, Anton juga menambahkan, apabila dikonsumsi pil PCC dapat mengakibatkan kejang-kejang dan seluruh anggota tubuh menjadi terasa sakit.

“Kita imbau masyarakat agar dapat melapor polisi apabila mengetahui adanya peredaran pil PCC. Atau menghubungi kantor polisi terdekat agar petugas dapat segera bertindak,” imbaunya

Anton juga mengatakan, pihak orang tua dan lingkungan sangat berperan untuk mengantisipasi peredaran pill PCC yang sudah meresahkan warga ini.

“Kita imbau kepada seluruh masyarakat terutama orang tua. Agar segera memantau perkembangan anak mereka. Sehingga tidak terjerumus. Dan peran serta masayarakat juga sangat penting,” harapnya. (Jarwok)