Kedatangan Jamaah Haji Kotabaru Diwarnai Isak Tangis

oleh
Isak tangis warnai kedatangan para jamaah haji Kotabaru ketika tiba di mesjid raya Khusnul Khatimah

KOTABARU – Jamaah Haji asal Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan yang merupakan kloter 6 berbarengan dengan Kabupaten Balangan dan Banjar tiba di halaman Masjid Raya Khusnul Khatimah Kotabaru, Senin (18/09/17) sekitar pukul 09.30 wita, usai menunaikan rukun Islam yang kelima di tanah suci Mekkah.

Sebelumnya, rombongan datang di bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin Minggu (17/09/17) yang kemudian langsung berangkat menuju kampung halaman di Bumi Saijaan.

Sebelum jamaah tiba di halaman salah satu masjid terbesar di Kotabaru, terlihat muka-muka dari keluarga atau penjemput penuh harap ingin segera bertemu dengan jamaah.

Begitu rombongan jamaah haji keluar dari bus, dan menginjakkan kaki di halaman mesjid, mereka langsung disambut dengan pelukan, ciuman dan tangisan keluarga maupun kerabat lainnya.

Untuk ketertiban, kalangan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kotabaru, ikut mengawal saat turunnya jamaah memasuki ruangan masjid agar tidak terlalu berdesakan. Ada juga jamaah yang begitu sampai langsung melaksanakan ibadah sholat di dalam masjid.

Pemandangan lain juga terlihat bagi para pewarta dari Radio Gema Saijaan (RGS) yang mengikuti prosesi penjemputan di Banjarmasin hingga mengawal rombongan sampai ke Kotabaru.

“Kami bangga dan bersyukur bisa dilibatkan dalam penjemputan di Banjarmasin, dan tentunya juga khusus untuk beritanya selalu kami update, agar masyarakat Kotabaru terus bisa memantau perkembangannya,” ungkap Fajri, salah satu penyiar RGS kepada B-ONE TV.

Kendati demikian, menurutnya, bisa melihat kedatangan rombongan haji di Banjarmasin dalam kondisi sehat walafiat sudah merupakan hal yang sangat baik, dan ketika memberikan informasinya kepada masayarakat melalui siaran radio secara live juga menjadi kebanggaan.

“Syukur Alhamdulillah, pian bulik ke Kotabaru selamat, kededa kekurangan apa-apa. Himung kami seberataan,” terdengar ucapan dari salah seorang keluarga yang menjemput menggunakan bahasa Banjar.

Wakil Bupati Kotabaru, H. Burhanudin yang juga ikut bersama rombongan Kotabaru ke tanah suci Mekkah ketika sampai di Kotabaru, langsung dibanjiri ucapan selamat dari warga, sembari memeluk H. Burhanudin. Tak sedikit dari masyarakat langsung mengabadikan moment tersebut melalui jepretan kamera sebagai kenang-kenangan.

Saat diwawancara, Wakil Bupati merasa bersyukur telah kembali setelah menunaikan ibadah haji bersama dengan masyarakat Kotabaru lainnya, terlebih tidak ada satu pun jamaah haji yang meninggal dunia di tanah suci Mekkah.

“Alhamdulillah, berkat rahmat Allah SWT, jamaah haji Kotabaru menjalankan ibadahnya di tanah suci dalam kondisi sehat, meskipun ada kendala-kendala kecil seperti halnya flu dan batuk. Namun itu dinilai wajar. Intinya, keseluruhan proses pelaksanaan ibadah dilakukan dengan lancar,” katanya.

Wakil Bupati berharap, Kabupaten Kotabaru akan menjadi Baldatun Tayyibatun Warabbun Gafur dan itu mampu diwujudkan sepanjang semua berkomitmen untuk kemajuan bersama kedepannya.

Sebagai informasi,  jamaah haji Kotabaru yang menunaikan ibadahnya berjumlah 184 orang. Namun dari jumlah tersebut yang ikut rombongan menggunakan 2 buah bus Pemerintah Daerah, hanya 52 orang jamaah saja. Sementara, sisanya langsung dijemput oleh pihak keluarga di Banjarmasin. (Yh)