Truk Lebihi Tonase Sebabkan Jalan di Teweh Tengah Rusak

oleh
Salahsatu truk pembawea kayu yang diduga melebihi tonase jalan

MUARA TEWEH- Banyaknya kendaraan berat melebihi tonase yang telah ditentukan menyebabkan jalan di Desa Rimba Sari, Kecamatan Teweh Tengah, Kalimantan Tengah.

Kepala desa Rimba Sari kepada B-OneTV, Minggu (17/9/17) menjelaskan jika di jalan desa setempat kini banyak dilalui truk yang membawa kayu kapasitas. Jumlah truk yang melintas di daerahnya bahkan mencapai belasan truk tiap harinya.

“Ada puluhan titiks kerusakan jalan dan sangat menghambat lalu lintas warga perdesaan. Padahal sebelumnya jalan di wilayah itu sudah dilakukan perbaikan oleh dinas pekerjaan umum,” ujar Kurniadi.

Kurniadi juga mengungkapkan kalau truk bermuatan kayu tersebut diduga membawa hasil pembalakan liar di sekitar wilayah desa itu. Bagaimana tidak hampir setiap hari mereka dengan bebas membawa hasil pembalakan tanpa ada merasa takut.

“Selain kerusakan jalan juga para sopir tanpa merasa takut melewati desa di wilayah kami,” tegas Kurniadi.

Kurniadi berharap ada langkah pencegahan untuk truk yang bermuatan melebihi tonase. Sebab  jalan di wilayah perdesaan tidak sama dengan perkotaan, dimana beban muatan sangat terbatas.

“Dengan klas jalan seperti sekarang tidak bisa dilalui kendaraan berat seperti truk yang bermuatan diatas delapan ton,” pungkas dia. (Tim)