Taman Kota Muara Teweh Riwayatmu Kini…

oleh
Kondisi taman di Jalan Wira Praja yang kondisinya memprihatinkan

MUARA TEWEH – Pekerjaan proyek pembuatan taman di samping jalan Wira Praja, kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah yang menelan anggaran hingga ratusan juta rupiah mangkrak.

Kondisinya saat ini seakan tak terurus, sejumlah tanaman ilalang mulai tumbuh. Sekretaris Lembaga Swadaya Masyarakat Pemerhati Pembangunan Barut, Yahya Prianto, Minggu (17/09/17) mengatakan seharusnya dan semestinya ada pemeliharaan rutin agar taman tersebut dapat dikatakan selayaknya sebuah taman.

“Selesai dibangun dengan menggunakan anggaran dari APBD hingga saat ini belum nampak ada pemeliharaan secara rutin, padahal keberadaannya sangat terlihat jelas saat warga berlalu lintas. Selain itu di samping bangunan ada beberapa rumah dinas pejabat,” ujarnya.

Harusnya kata dia, dinas terkait jangan hanya membangun saja, akan tetapi bagaimana cara perawatan, agar amggaran yang dikeluarkan tidak terkesan buang anggaran negara.

“Kalau Seperti sangat disayangkan taman ratusan juta di tengah kota dibiarkan ditumbuhi semak tanpa ada pemeliharaan,” kata Yahya.

Dikatakannya, dinas terkait jangan cuma bisa menghamburkan anggaran saja. Terpenting adalah menjaga hasil pembangunan, sebab dana yang digunakan adalah uang rakyat dimana diambil dari pajak. Oleh sebab itu kedepannya diharapkan direncanakan termasuk cara pemeliharaannya agar hasil pembangunan tersebut lebih bermanfaat.

“Sebagai masyarakat kita sangat mendukung adanya pembangunan. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita memelihara hasil pembangunan itu, apalagi anggarannya sangat besar,” tandasnya. (Bani)