Apresiasi Atlet dengan Surat Penghargaan

oleh
Camat Pahandut, M Zaini

PALANGKA RAYA – Pada perhelatan Pekan Olahraga Kota (Porkot) ke-III Tingkat Kota Palangka Raya, 26-30 Agustus 2017 lalu. Kecamatan Pahandut berhasil meraih juara umum dengan meraih 53 medali emas, 43 medali perak dan 47 medali perunggu.

Memang tak ada penghargaan khusus seperti bonus yang diberikan kepada para atlet yang telah membawa kecamatan ini menjadi juara. Namun dengan adanya surat penghargaan, setidaknya dapat membantu atlet untuk dipergunakan mencari pekerjaan ataupun meneruskan pendidikan.

“Surat penghargaan sudah kami konsep dan dalam waktu dekat akan dibagikan. Hanya ini yang bisa kami berikan kepada atlet peraih medali di Porkot,” kata Camat Pahandut, M Zaini, Minggu (17/9/17).

Diakuinya, pihaknya tak dapat berbuat banyak, untuk memberikan apresiasi dalam bentuk bonus uang tunai bagi para atlet. Terlebih lagi tahun ini, karena alasan rasionalisasi anggaran, ada pemangkasan sebesar Rp 1 miliar, yang sebelumnya hanya Rp 300 juta. Sampai biaya langsung saja, terkena pangkasan anggaran.

“Yang tidak bisa dipotong, paling honor rt, rw, mantir adat dan damang. Sisa lainnya untuk ATK. Kami tak bisa berdaya apa-apa, makanya tidak bisa memberi lebih kepada atlet, kecuali surat penghargaan,” tuturnya.

Dijelaskannya mantan Kabag Humas Pemkot Palangka Raya ini, selama ini pembinaan atlet dilakukan oleh setiap cabang olahraga (cabor) melalui Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK), yang intens melakukan komunikasi.

Padahal tak dipungkiri, keberadaan KOK di tiap kecamatan, merupakan ujung tombak pembinaan prestasi atlet. Alangkah baiknya lagi, jika kedepan, ada subsidi anggaran yang dialokasikan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat.

“Selama ini kan organisasi KOK hanya sekedar untuk mengkomunikasikan dengan cabor. Jadi semuanya terserah cabor. Kalau tidak ada subsidi dari KONI, ya seperti inilah,”ucapnya. (tv)