Wow, 53 Ribu Warga Kotabaru Belum Punya e-KTP

oleh
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotabaru, H. Akhmad Fitriadi Fazriannoor

KOTABARU – Puluhan ribu masyarakat Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan masih belum memiliki e-KTP. Hal tersebut dikarenakan adanya kendala pada peralatan yang dimiliki di setiap daerah, dan itu menjadi perhatian besar untuk segera dilakukan pembenahan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotabaru, H. Akhmad Fitriadi Fazriannoor saat dikonfirmasi Jumat (15/09/17) mengatakan, kendala utama yang dihadapi pembuatan e-KTP adalah peralatan yang tidak berfungsi, dan itu dialami hampir diseluruh daerah Kecamatan.

“Kami sudah melaporkan ke Pemerintah Pusat untuk segera memberikan solusi utamanya kepada masyarakat di Kotabaru yang belum melakukan perekaman e-KTP dan kami juga sudah berkoordinasi kepada pihak Provinsi untuk membawa alat yang rusak untuk diperbaiki,” paparnya.

Menurutnya, berdasarkan data yang ada, sekitar 24 ribu orang sudah siap direkam dan semuanya masih terkendala pada peralatan yang rusak, sehingga harus menunggu. Sementara untuk masyarakat yang lainnya dan masih belum melakukan perekaman, totalnya mencapai 53 ribuan orang.

“Oleh karenanya, pada 26 September 2017, saya akan memanggil seluruh Camat yang ada untuk bisa hadir di kantor Dissukcapil Kotabaru dan meminta membawa peralatan yang rusak agar secepatnya dapat diperbaiki di Provinsi,” jelasnya.

Mudah-mudahan kendala yang dihadapi bisa secepatnya teratasi, mengingat masyarakat Kotabaru masih sangat banyak yang tidak memiliki e-KTP.

“Mudah-mudahan saja, warga kita khususnya di daerah Kecamatan yang jauh dari pusat ibukota, segera dapat memiliki kartu identitas diri karena nantinya akan sangat diperlukan,” pungkasnya. (Yhoz)