Warga Lahei Barat Usulkan Lanjutan Pembangunan Turap

oleh
Anggota DPRD Barito Utara berfoto bersama warga

MUARA TEWEH –  Warga Desa Jangkang Lama, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah, mengharapkan kepada pemerintah daerah untuk dapat melanjutkan pembangunan turap di tepian Sungai Barito, tepatnya yang berada di jalan penghubung antar Desa Jangkang Lama, Jangkang Baru dan Desa Nihan.

Pasalnya, bagian tepi daerah tersebut terkena abrasi karena diterjang deras arus sungai Barito. Jika tidak dilakukan penanganan, maka kerusakan akan bertambah parah. Selain rusak, juga membuat akses jalan darat yang menghubungkan antar desa tersebut terputus.

Hasrat, anggota DPRD Barut dari fraksi PAN dalam kunjungan reses ke Desa Jangkang Lama mendengarkan usulan dari Kepala Desa setempat agar turap di tepian Sungai Barito dibangun.

“Saya sempat meninjau lokasinya, memang bagian pinggir di tepian sungai itu mengalami abrasi,” kata Hasrat, Jumat (15/09/17).

Menurut Hasrat, lanjutan pembangunan turap di tepian tebing tersebut memang prioritas dilakukan, agar tanah di pinggiran sungai tidak terus terkikis. Sebab jika abrasi yang berada dipinggiran jalan terus berlanjut, bisa mengakibatkan jalan dan jembatan penghubung antar desa di tiga desa itu menjadi terputus.

Untuk itu, anggota dewan terpilih dari Dapil III ini nantinya akan menyampaikan usulan dari Kades Jangkang Lama kepada pemerintah daerah, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), sehingga lanjutan pembangunan turap ini bisa dilaksanakan di tahun anggaran 2018 mendatang.

“Turap yang dibangun saat ini hanya puluhan meter, lanjutan pembangunan turap di sepanjang tepian sungai itu sangat diharapkan warga setempat. Karena jalan penghubung antar desa ini merupakan pendukung perekonomian masyarakat yang sangat vital. Bila sampai terputus, akan memberikan dampak yang besar bagi warga,” pungkasnya. (Bani)