Dua Rumah di Halong Hangus Terbakar

oleh
Puing bangunan yang ludes dilahap api/Sugiannor

PARINGIN –  Musibah kebakaran kembali terjadi di Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Kali ini terjadi di RT 2, Desa Mantuyan, Jumat sore, (15/9/17).

Sama seperti musibah sebelumnya yang terjadi di Desa Tabuan, kebakaran yang menimpa dua buah milik warga ini diduga karena korsleting listrik.

Dari data yang diperoleh, kedua buah rumah warga yang terbakar milik Satar dan Yamin. Sementara jumlah jiwa kedua rumah itu sebanyak 10 orang, termasuk dua diantaranya masih balita.

Salah seorang warga sekitar, Aruel mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 16.00 Wita. Saat itu api dengan cepat membesar sehingga warga tidak bisa berbuat banyak untuk memadamkan api karena terbatasnya peralatan.

“Beruntung mobil pemadam cepat datang, sehingga api tidak meluas dan melahap rumah lebih banyak lagi,” bebernya.

Terpisah, Kasi Kedaruratan di Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, Muhammad Syuhada mengatakan, dugaan sementara penyebab kebakaran berasal dari korsleting listrik, tapi untuk kepastiannya masih menunggu hasil pemeriksaan polisi.

Sedangkan asal api, kata Syuhada, berasal dari rumah milik Satar. Mengingat kondisi rumah Satar terbakar 100 persen, sedangkan rumah milik Yamin hanya 50 persen yang terbakar.

“Secepatnya akan kami berikan bantuan sementara dulu, seperti sembako ataupun tenda jika warga memerlukannya,” tutur Syuhada.

Belum diketahui secara pasti kerugian akibat musibah kebakaran yang menghanguskan dua rumah itu. Namun diperkirakan kerugian mencapai jutaan rupiah. (Sugianoor)