Tipu Pemilik Toko Emas, Wanita Cantik Ini Diciduk Polsek Pontianak Barat

oleh
Pelaku penipuan toko emas

PONTIANAK – Berniat menipu pemilik toko emas Ponti Suri, Kompleks Pasar Teratai, Jalan Komyos Sudarso, Pontianak Barat, Kalimantan Barat, SM (20)  malah diamankan korbannya ke Polsek Pontianak Barat.

Pelaksana Harian Kapolsek Pontianak Barat, AKP Agus Hani mengungkapkan, pelaku yang berasal dari  Desa Takerharjo, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur ini,  awalnya bersama dengan dua orang temannya yakni NW dan SM, Rabu (13/09/17) mendatangi toko emas yang dijadikan sasaran penipuan.

Pelaku datang ke toko emas pukul 09.00 wib, untuk menjual kalung berwarna emas (imitasi, red) disertai dengan surat emas ke Toko Emas Ponti Suri.

“Pelaku langsung menawarkan sebuah kalung seberat 11,640 gram dengan kadar emas 75 persen yang ditawar Rp2 juta rupiah oleh penjaga toko,” ujar AKP Agus Hani, Kamis (14/09/17).

Kalung emas imitasi itu pun kata Agus Hani, dibawa penjaga toko untuk diperlihatkan pada pemilik toko emas. Merasa kalung itu ada surat jual beli, maka pemilik toko emas mau membeli emas imitasi itu seharga Rp2 juta. Namun pelaku minta ditambah lantaran berat dan kadar emas yang tinggi. Akhinrya, korban mau membayar sebanyak Rp4 juta, dan uang itu langsung dibayar tunai korban.

“Saat pelaku menghitung uang, korban pun melakukan pengetesan emas tersebut dengan cara di gosok, dan diketahui hasilnya  bukanlah emas,” paparnya.

Korban pun mengamankan pelaku dan langsung memghubungi anggota Polsek Pontianak Barat dan pelaku langsung diamankan berikut barang bukti.

Sementara Dua teman pelaku, langsung kabur pada saat pembayaran tunai. Sehingga pihak kepolisian langsung menetapkan kedua teman pelaku masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Untuk pelaku, dikenakan pasal 378 tentang penipuan dengan ancaman diatas lima tahun,” pungkasnya. (Andi)