PT AGU Harus Kembalikan Hak Warga Gunung Timang

oleh
Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Abdurahman

MUARA TEWEH – Tuntutan warga kepada PT Antang Ganda Utama (AGU) terkait pengembalian kebun sawit dinilai sangat wajar. Sebab sudah beberapa tahun belakangan ini, kebun yang dijanjikan belum juga direalisasikan.

Terhitung sudah belasan kali melakukan mediasi antara perusahaan dan warga, namun mengalami jalan buntu. Sementara kebun di wilayah tujuh desa sudah menghasilkan tandan buah segar.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Abdurahman mengatakan, seharusnya pengembalian lahan yang dituntut warga sudah selesai. Tetapi sepertinya pihak perusahaan terus mengulur waktu.

Hal ini dibuktikan permasalahan dengan warga hingga saat ini permasalahan antaran warga dan pihak perusahan belum juga selesai.

“Seperti pertemuan dengan warga Kecamatan Gunung Timang kemarin. Dimana perusahaan meminta warga memperlihatkan bukti kepemilikan,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis (14/09/17).

Menurut Abdurahman, sesuai dengan bidang yang ditangani tentu lebih banyak mengetahui letak lahan perusahaan, baik itu Hak Guna Usaha (HGU) dan pelepasan kawasan hutan di mana kebun yang sudah ditanami sawit.

“Kita hanya mengatakan yang sebenarnya, agar hak masyarakat di wilayah Gunung Timang dan Desa sekitarnya mendapatkan apa yang mereka harapkan,” kata dia.

Sebagai perusahaan besar, PT AGU juga seharusnya mengembalikan hak warga, minimal dua puluh persen dari luasan areal.

“Dan apakah ini sudah dilaksanakan atau belum,” tanya Abdurahman.

Dengan diserahkannya kepada pemerintah daerah mengenai penyelesaian antara perusahaan dengan warga tentu saja memerlukan waktu yang sangat panjang.

“Kita berharap dengan pertemuan yang akan datang, bisa memecahkan permasalahan yang sudah lama dinantikan warga,” pungkasnya. (Bani)