Polres Bengkayang Sita Ikan Ilegal Asal Malaysia

oleh
Barang bukti berupa ikan ilegal asal Malaysia yang diamankan polisi

PONTIANAK –  Polres Bengkayang mengamankan satu unit mobil Daihatsu Xenia KB 1521 HN Jalan Raya Sanggau Ledo Desa Lembang Kecamatan Sanggau Ledo Bengkayang, Kalimantan Barat, Kamis (14/09/17) dini hari.

Di dalam mobil tersebut, berisi 84 Kotak Ikan Asin Sardin beku dan 16 karung ikan tongkol hitam beku yang diduga berasal dari Negara Malaysia.

Kaur Lipprodok Bidhumas Polda Kalbar, AKP Cucu Safiyudin mengatakan, dua orang diamankan yakni GD (36) selaku sopir dan SG (22), kernet mobil yang keduanya adalah warga Pontianak Utara.

“Pemilik barang diketahui bernama WD yang juga warga Pontianak,” Ujarnya.

Penangkapan tersebut, lanjut AKP Cucu Safiyudin, atas dasar laporan masyarakat yang mengetahui bahwa didalam mobil tersebut ada barang ilegal dari luar negeri.

“Pada saat dilakukan razia, mobil yang dimaksud sedang melintas dan diberhentikan. Saat melihat didalam mobil, ternyata memang berisi barang makanan dari Malaysia tanpa dokumen sah,” paparnya.

Karena tidak bisa menunjukan surat menyurat terkait asal barang kata Cucu, maka baik sopir maupun kernet mobil dibawa ke Polres Bengkayang untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

“Untuk para pelaku ini, dikenakan tindak Pidana Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan dan atau tindam pidana perlindungan konsumen dengan ancaman diatas lima tahun,” pungkasnya. (Andi)