Polisi Jepang Latih 50 Tim INAFIS Jajaran Polda Kalbar

oleh
50 anggota kepolisian dari tim INAFIS jajaran Polda Kalbar mengikuti pelatihan dan uji kompetensi

PONTIANAK – Polisi Jepang, Tahira Masato, yang berpangkat setingkat AKBP di Indonesia ini langsung memberikan pelatihan dan uji kompetensi kepada 50 Tim INAFIS  jajaran Polda Kalbar di Aula Graha Khatulistiwa Polda Kalbar yang dilaksanakan pada 12-14 September 2017.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Polri dan Japan Internasional Cooperation Agency (JICA)  yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fungsi identifikasi guna mendukung penegakkan hukum melalui scientific crime investigation pada jajaran Polda Kalbar.

Ketua Tim Pusat INAFIS Mabes Polri, Kombes Pol Yayat Ruhiyat Hidayat mengatakan, pelatihan dan uji kompetensi ini juga dilakukan diseluruh Polda di Indonesia, dua orang dengan nilai terbaik akan dibawa ke Jepang untuk dilatih kembali di negara matahari terbit tersebut.

“Polri dan JICA sudah 15 tahun kerjasama Sampai sekarang. Diharapkan tim INAFIS lebih mampu dan lebih mahir untuk membantu pengungkapan kasus,” katanya kepada wartawan, Kamis (14/09/17).

Sementara itu Polisi Jepang Tahira Masato mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengembangan identifikasi sidik jari ke seluruh Indonesia.

“Kita keliling ke polda-polda untuk melakukan pelatihan khususnya teknik pengembangan sidik jari dan pemeriksaan sidik jari,” sebutnya.

Pihaknya melihat begitu banyak perkembangan terkait teknik identifikasi yang bisa dikembangkan di Polda-polda yang ada di Indonesia. (Andi)