Jelang Pilkada 2018, Balon Perseorangan Wajib Kantongi 26.733 Dukungan

oleh
Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Sekundus Ritih

SANGGAU –  Menjelang Pilkada 2018 mendatang, sejumlah nama bakal calon Bupati Sanggau mulai bermunculan. Tidak hanya didominasi kalangan partai politik, sejumlah nama dari jalur Independen juga mulai bermunculan. Seperti Kepala Desa Entikong, Raden Nurdin yang sudah berkoordinasi dengn KPU Sanggau bersama pasangannya.

Hal tersebut dibenarlan Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Sekundus Ritih ditemui di Kantornya, Kamis (14/09/17).

Sekundus menyampaikan, KPU Kabupaten Sanggau telah mengeluarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sanggau Nomor:14/HK.03.1-Kpt/6103/KPU-Kab/IX/2017 tentang penetapan jumlah dukungan dan persebaran bagi pasangan calon perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau tahun 2018.

“Menetapkan jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014, sebagai dasar penetapan jumlah dukungan dan persebarannya bagi pasangan calon perseorangan adalah sebanyak 314.497 pemilih,” katanya.

Sedangkan jumlah paling sedikit dukungan persyaratan pasangan calon perseorangan dalam Pilkada 2018 adalah 8,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau 26.733 pendukung. Tak hanya itu, dukungan bagi calon persorangan juga harus tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan di Kabupaten Sanggau.

“Minimal di delapan kecamatan,” jelasnya

Sementara untuk jalur partai politik agar bisa mengusung bakal calon, sedikitnya harus memiliki 20 persen perolehan kursi di DPRD Kabupaten Sanggau.

“Delapan kursi atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah partai politik peserta Pemilu dalam Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Sanggau tahun 2014 yaitu 60.695 suara sah,” pungkas Sekundus. (Indra)