Guyub Gawe di Sanggau Hadirkan Didi Kempot

oleh
Kasi Kesenian Dan Tenaga Kebudayaan Disdikbud Sanggau, David Dino Wijaya

SANGGAU –  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, bekerjasama dengan paguyuban Jawa yang ada di Sanggau akan menggelar guyub gawe yang dipusatkan di kompleks taman sabang merah Semboja, Kelurahan Bunut. Kegiatan budaya ini rencananya akan dilaksanakan pada 29-30 Sebtember 2017 pukul 19.30 WIB.

“Kami mempersilakan masyarakat untuk menyaksikan acara itu nanti, gratis tidak dipungut biaya,” kata Kasi Kesenian Dan Tenaga Kebudayaan Disdikbud Sanggau, David Dino Wijaya, Kamis (14/09/17).

Pada acara guyub gawe tersebut, panitia akan mempersembahkan wayang kulit dengan lakon “Begawan Bimo Suci” dan campur sari serta mendatangkan Didi Kempot.

Dino menyampaikan, guyub gawe ini adalah wujud komitmen Pemerintah Daerah untuk melestarikan adat dan budaya nusantara, khususnya yang ada di Kabupaten Sanggau.

“Kita sudah bekerjasama dengan DAD untuk melaksanakan gawai dayak, begitu juga paradje’ kemaren, kita bersama pihak keraton dan MABM sudah melaksanakannya, begitu juga dengan MABT, nah sekarang kita bekerjasama dengan paguyuban Jawa,” ujarnya.

“Event ini dilaksanakan dalam upaya pemajuan Kebudayaan sesuai dengan amanah UU nomor 5 tahun 2017. Asas pemajuan adalah pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan,” tambahnya.

Dino menuturkan, kerjasama dengan paguyuban tersebut sudah menjadi komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau untuk mewujudkan salah satu point Seven Brand Image yaitu menuju Sanggau Berbudaya dan Beriman.

“Semua suku punya porsi yang sama untuk melestarikan budayanya masing-masing, Pemerintah Daerah hanya memfasilitasi,” pungkasnya. (Indra)