FKH Sanggau Desak Evaluasi Amdal PT TBS

oleh
Warga Memungut Ikan Yang Mati Mendadak di Sungai Bun Yang Diduga Tercemar.

SANGGAU –  Ketua Forum Komunitas Hijau (FKH) Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat Abang Indra mendesak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau segera menurunkan tim guna memastikan dugaan pencemaran lingkungan yang dilakukan PT. Tayan Bukit Sawit (TBS), Kecamatan Kembayan beberapa waktu lalu. Akibat pencemaran tersebut, Sungai yang terletak di dusun Sungai Bun Desa Sejuah Kecamatan Kembayan diduga tercemar.

“Saya belum berani memastikan karena belum melihat langsung, tapi jika benar saya minta Dinas Lingkungan Hidup segera ke sana, ambil sampelnya untuk dilakukan cek laboratorium. Jadi saya minta Dinas LH turun langsung ke sana, ” tegasnya.

Jika benar dan terbukti terjadi pencemaran dan ada unsur kelalaian, Indra mendesak perusahaan diberi sanksi dan meminta maaf kepada masyarakat terdampak serta melakukan pemulihan lingkungan yang rusak.

Indra menegaskan, sebagai sebuah organisasi penyelamatan lingkungan yang dibentuk berdasarkan kesepakatan tiga Menteri dan di SK kan Bupati, FKH merasa bertanggungjawab untuk mengingatkan perusahaan mematuhi aturan lingkungan.

“Kami mengingatkan perusahaan untuk mematuhi aturan terkait pelestarian lingkungan, jika melanggar, kami tidak segan-segan melaporkan perusahaan yang melakukan pelanggaran kepada Kementerian LH, ” ujarnya. (Indra)