65 Persen Wajib e-KTP di Sanggau Sudah Lakukan Perekaman

oleh
Kepala Disdukcapil Sanggau, H. Zawawi

SANGGAU –  Sekitar 65 persen wajib e-KTP di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, telah melakukan perekaman di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Rinciannya adalah 354.753 wajib e-KTP, yang sudah perekaman sebanyak 253.368 atau sekitar 65 persen, yang belum perekaman 101.385. Sementara yang belum dicetak 35.894.

Namun, salah satu kendala yang dihadapi petugas dalam melakukan perekaman e-KTP diakuinya adalah kerusakan server yang sudah terjadi sejak Agustus lalu.

“Dari Agustus kemarin rusaknya dan itu terjadi tidak hanya di Sanggau tapi di seluruh Indonesia,” ungkap Kepala Disdukcapil Sanggau, H. Zawawi kepada wartawan, Kamis (14/09/17).

Sementara untuk stok blangko, saat ini kondisinya sudah mulai menipis.

“Kalau tidak salah, sekitar 300an lebih. Kita sudah menyurati provinsi dan pusat tentang kondisi ini. Informasinya akhir Sebtember ini sudah didistribusikan ke daerah-daerah,” tuturnya.

Dia juga berterimakasih kepada Bupati Sanggau yang telah memberikan perhatian khusus untuk mengejar target nasional. Dan itu ditegaskannya tidak menyalahi aturan sesuai UU nomor 24 tentang administrasi kependudukan dan pencataran sipil dan UU nomor 32 tentang Pemerintahan Daerah yang menyebutkan bahwa kantor Dukcapil merupakan urusan wajib daerah.

” Bupati memberikan dana operasional dan juga dana untuk perbaikan dan pengadaan alat seperti server dan alat perekaman. Rencananya di anggaran perubahan tahun ini,”  pungkasnya. (Indra)