Penambas Pasir Tewas Tenggelam di Sungai Batang Balangan

oleh
Tim penyelamat membawa korban usai ditemukan di sungai

PARINGIN – Seorang penambang pasir,  Jali (25 tahun) ditemukan tewas tenggelam di Sungai Batang Balangan, Desa Murung Ilung, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Rabu (13/09/17).

Pemuda asal Desa Jambu, Kecamatan Kandangan Kota, Kabupaten HSS ini, ditemukan tim gabungan TRC BPPD Balangan, Tagana dan Polres Balangan satu jam kemudian.

Musibah tenggelamnya pemuda ini, bermula saat korban turun ke sungai untuk melakukan penyedotan pasir. Tapi saat turut ke sungai, korban tak juga muncul lagi sampai rekan korban mencarinya.

Rekan kerja korban, Parmin (53 tahun) mengungkapkan, sekitar jam 09.30 saat akan hendak menyedot pasir dirinya melihat korban sempoyongan dan meminta korban agar menjaga mesin saja diatas tidak usah turun ke sungai.

“sudah saya larang turun ke Sungai namun, korban tetap bersikeras turun kesungai dan setelah beberapa saat korban turun tidak juga ada naik lalu,” bebernya.

Merasa korban tidak naik, dirinya berinisiatif memeriksa kondisi korban.

“Dari atas tempat mesin sedot pasir saya berada, saya melihat korban seperti sedang meraih sesuatu di air namun tubuh korban semakin masuk kedalam air dan tidak mucul lagi,” tuturnya.

Kapolsek Paringin, Iptu Cahyo membenarkan kejadian tersebut.

“Untuk kronologis kejadian masih kita kumpulkan dan saat ini korban sudah di rumah sakit untuk keperluan otopsi,” ungkapnya.

Terpisah, Kasi Kedaruratan BPBD Balangan, Muhammad Syuhada  mengatakan, korban saat ditemukan sudah dalam kondisi tidak bernyawa.

“Setelah ditemukan, langsung kita bawa ke rumah sakit untuk dilakukan visum,” pungkasnya. (Sugi Anoor)