Ini Permintaan Kapolsek, Terhadap Pilkades Serentak di Kapuas Kuala

oleh
Kapolsek iptu jupri,dan Koramil,sekcam dan penjabat kcamatan

KUALA KAPUAS –  Sebanyak 24 calon kepala desa di kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, di undang untuk rapat koordinasi penyelengaraan Pilkades serentak tahun 2017 di aula  kantor camat Kuala Kapuas .

Kegiatan tersebut dilakukan pada Selasa (12/09/17) yang dihadiri pejabat serta tokoh masyarakat seperti, sekcam, Damang kepala adat, seluruh kades, koramil, BPBD, dan Kapolsek Kapuas Kuala.

Ada 7 desa yang akan mengikuti pesta pemilihan kepala desa di wilayah Kecamatan Kapuas, diantaranya adalah Desa Cemara Labat, Desa Pematang, Desa Sel Teras, Desa Lupak Timur, Desa Tambak Lupak, Desa Sei bakut dan Desa Warga Mulyo.

Sementara jumlah Calon Tetap Kepala Desa yang melaksanakan Pilkades Serentak 2017 :

  1. Desa Cemara Labat sebanyak 2 Calon Tetap Kades
  2. Desa Pematang sebanyak 4 Calon Tetap Kades
  3. Desa Sei Teras sebanyak 4 Calon Tetap Kades
  4. Desa Lupak Timur sebanyak 4 Calon Kades
  5. Desa Tamban Lupak sebanyak 4 Calon Tetap Kades
  6. Desa Sei Bakut sebanyak 2 Calon Tetap Kades
  7. Desa Wargo Mulyo sebanyak 4 Calon Tetap Kades

Didalam rapat pemilihan calon kepala desa tersebut, ada beberapa arahan, penekanan dari sekcam, Danramil dan Kapolsek, Iptu Jupri.

Kapolsek mengharapkan kepada calon Kades sebelum dan setelah pemilihan, harus siap kalah dan legowo bahwa Pilkades merupakan proses politik yg rawan, karena bakal calon merupakan penduduk setempat, sehingga ada potensi gesekan antar kelompok massa masing-masing pendukung.

Kapolsek pun menyampaikan beberapa potensi kerawanan yang dapat terjadi pada penyelenggaraan Pilkades, diantaranya melakukan manipulasi Daftar Pemilih, terjadinya intimidasi ataupun intervensi dari pihak yang berkepentingan, Panitia Pilkades (PPS) memihak salahsatu Calon Kades, serta adanya potensi penggelembungan jumlah suara.

“Selaku pembina Kamtibmas, saya berharap pelaksanaan Pilkades serentak 2017 di Wilkum Polsek Kapuas Kuala berjalan dengan tertib dan lancar,” pungkasnya. (BR)