UMKM di Gunung Mas Tercatat 3.754 Unit

oleh
Ilustrasi UMKM

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas)  menggelar kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM), Selasa (12/09/17).

Dalam kegiatan tersebut Bupati Gumas Arton S Dohong melalui sambutan tertulis yang dibacakan Asisten II Sekretariat Daerah Yansiterson menyampaikan, bahwa jumlah usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Gumas berjumlah 3.754 unit.

“Berdasarkan data dari Dinas Transmigrasi Tenaga Kerja dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Gunung Mas, tanggal 31 Januari 2017, jumlah usaha mikro 3.417 unit. Usaha kecil 336 unit, dan usaha menengah 1 unit,” ungkapnya.

Dengan memperhatikan jumlah UMKM di Kabupaten Gunung Mas lanjut dia,Pemkab optimistis peran dan citra pelaku usaha ke depan akan semakin membaik. Sehingga tercipta pelaku usaha yang berdaya saing tinggi. Dengan demikian ekonomi masyarakat di daerah akan semakin membaik.

“Sasaran kegiatan ini adalah pelaku usaha kecil menengah dan bertujuan menciptakan iklim usaha kecil menengah yang kondusif dan tersedianya kebijakan tentang usaha kecil menengah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas,” ujarnya.

Pemberdayaan UMKM merupakan salah satu solusi dalam menggairahkan perekonomian demi meningkatkan kegiatan ekonomi, terutama mengatasi persoalan kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan sosial. (ola)