Tujuh Kecamatan di Kapuas Hulu Dijadikan Kawasan Agropolitan

oleh
Kawasan hulu Kapuas Hulu

PONTIANAK –  Hulu Kapuas Lanskap Leader World Wildlife Fund for Nature  (WWF) Indonesia, Anas Nasrullah mengatakan, saat ini pihaknya bersama pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat, tengah membuat tata ruang tujuh kecamatan di daerah tersebut untuk dijadikan Kawasan Strategis Kabupaten (KSK) Agropolitan.

“Tujuh kecamatan tersebut yaitu Silat Hulu, Silat Hilir, Pangkadan, Hulu Gurung, Sejiram, Empanang dan Semitau,” kata Anas di Pontianak, Senin (11/09/17).

Sejumlah kecamatan tersebut akan dijadikan kawasan pusat pariwisata, pertanian serta perkebunan masyarakat lokal sehingga bisa berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kapuas Hulu.

“Saat ini sudah jalan, bahkan kita sudah MOU dengan kabupaten Kapuas Hulu. Sehingga kita tidak bisa bekerja sendiri, perlu sokongan dan bantuan bersama steakholder lainnya,” tutur Anas.

Ia mengatakan, lebih dari 100 ribu hektare lahan dan melibatkan masyarakat lokal untuk menggali ekonomi hijau yang berkelanjutan.

“Hasil akhirnya diharapkan masyarakat setempat bisa mengelola potensi daerah dengan sistem ekonomi hijau yang berkelanjutan sehingga dapat menyokong perekonomian daerah,” pungkasnya. (Andi)