Sejumlah PKL di Sanggau Mulai Direkolasi

oleh
Petugas saat melakukan relokasi Pedagang Kaki Lima di bekas pasar Disperindagkop Sanggau

Sanggau – Puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang selama ini berjualan di halaman bekas Dinas Perindagkop, jalan Gajahmada, Kelurahan Beringin direlokasi oleh Pemerintah Daerah ke jalan Setia Budi, Senin (11/9) pagi.

Relokasi dipimpin oleh Camat Kapuas Alipius didampingi Kasi penyidikan dan penindakan Sat Pol PP Wendi Ferinanda beserta belasan anggota, Kanit binmas dan Sabhara Polsek Kapuas Aiptu Syamsul Bahri beserta anggota. Penertiban yang dilakukan petugas berjalan lancar, bahkan sebagian besar pedagang pindah dengan sukarela tanpa paksaan, karena sebelumnya pihak Kecamatan sudah melakukan sosialisasi dengan para pedagang.

Ditemui wartawan disela-sela melakukan relokasi di jalan Setia Budi, Camat menjelaskan, penertiban tersebut dilakukan mengingat eks pasar Perindagkop akan segera dibangun pasar Jarai.

“Kontraknya sudah ditandatangani tanggal 30 Agustus kemaren, sambil menunggu selesainya pembangunan pasar jarai, PKL yang berjualan di eks Dinas Perindagkop kita relokasi dulu ke sini, setelah selesai dibangun kita tempat lagi nanti mereka di sana,” ujarnya.

Tidak hanya pedagang eks Perindagkop, pedagang yang berasal dari kampung yang berjualan pada Sabtu-Minggu juga direlokasi ke jalan Setia Budi.

“Jadi di jalan Gajah Mada itu harus steril, tidak ada lagi yang berjualan disana,” tegasnya.

Sementara untuk pasar Seroja dikatakan Camat masih dibenahi oleh Dinas Perindagkop.

“Untuk yanh sebelah kanannya sudah diisi dan ditempati, sementara yang di seberangnya itu kan untuk pedagang makanan memang belum diisi, informasi yang saya dengar masih menunggu meja kursinya karena anggarannya belum ada,” jelasnya.

Ia berterimakasih dengan para pedagang yang dengan suka rela pindah ke tempat yang baru.

“Pasar jarai ini nantikan kalau sudah jadi untuk mereka juga, bukan untuk kami. Kami bersyukur hari ini penertiban berjalan lancar,” tuturnya. (indra)