Pelaku Pengrusakan Patung Singa Vihara Diamankan Polres Singkawang

oleh
Ilustrasi, Pelaku pengrusakan diamankan

SINGKAWANG –  Kurang dari 1×24 jam, petugas gabungan dari Satreskrim Polres Singkawang dan Polsek Singkawang Barat, Kalimantan Barat bersama anggota TNI yang menangani kasus pengrusakan patung singa Vihara Pekong Tua Kota Singkawang, telah berhasil mengamankan seseorang yang diduga sebagai pelaku.

Kapolres Singkawang, AKBP Sandi Alfadien Mustofa mengatakan, terungkapnya kasus ini hasil kerja keras tim gabungan dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara, serta dibantu info dari masyarakat.

“Dari Informasi tersebut, kita mengamankan seorang pria berinisial HD., warga Sekip Lama, Kelurahan Sekip, Kecamatan Singkawang Tengah,” ungkap Kapolres Singkawang.

Kapolres mengatakan pelaku ditangkap di kediamannya, tanpa melakukan perlawanan. Dari tangan pelaku, pihak kepolisian berhasil menyita barang bukti  berupa jaket yang digunakan pelaku saat melakukan pengerusakan, serta Surat Keterangan pernah dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) milik pemerintah.

“Pelaku merusak patung Vihara dalam kondisi pengaruh minuman keras. Ditambah lagi, kondisi kejiwaan pelaku masih labil,” tuturnya.

Mengingat masalah ini merupakan kasus pidana biasa yang dilakukan pelaku, sehingga tidak ada kaitannya dengan masalah SARA ataupun hal-hal lain. Dan Polisi akan tetap mendalami kasus ini secara profesional.

“Masyarakat  diimbau untuk tidak gampang percaya terhadap isu yang beredar, apalagi bersifat provokatif tetang kasus ini. Tunjukan bahwa Singkawang merupakan kota yang aman kondusif bagi kita semua,” tegasnya. (Jarwok)