Nanang Galuh Harus Luas Pengetahuannya

oleh
Kegiatan Nanang Galuh

PARINGIN – TP PPK Kabupaten Balangan, Kalimantan Tengah, Darma Wanita, Dinas Perlindungan Anak dan Perempuan serta Dispora mengelar silaturahmi sekaligus pembekalan terhadap finalis peserta pemilihan Nanang Galuh, Senin (11/09/17).

Dalam acara yang digelar di aula kantor Dispora Balangan ini, ketua TP PKK Kabupaten Balangan, Hj. Nursidah Ansharrudin diangkat sebagai Ibu Angkat (Ibu Asuh 1) bagi Nanang Galuh Kabupaten Balangan. Pemilihan istri orang nomor satu di Bumi Sanggam ini, dipilih cecara langsung Kepala Dispora Balangan, Rody Rahmadi Noor.

Dalam arahannya, Nursidah Ansharrudin menyampaikan, menjadi Nanang Galuh sering kali dikatakan identik dengan orang yang cantik-cantik (bungas-bungas), tapi itu tidak cukup untuk menjadi  Nanang Galuh. Karena untuk menjadi Nanang Galuh, harus mempunyai wawasan luas, pengetahuan yang luas khususnya terkait Kabupaten Balangan.

Selain itu, kata Nursidah, mental yang baik dan kesantunan serta harus memiliki etika sosial yang baik. “Karena dengan etika tersebut, Nanang Galuh akan menjadi contoh teladan bagi masyarakat sekitar,” pesannya.

Sedangkan  Kepala Dispora Balangan, Rody Rahmadi Noor mengungkapkan, ajang pemilihan Nanang Galuh patut diapresiasi, karena melahirkan pemuda pemudi yang cinta akan potensi lokal, sehingga bisa turut memajukan daerah.

“Saya berharap ke depan peranan Nanang Galuh lebih dioptimalkan lagi dalam turut mempromosikan pariwisata, seni serta budaya lokal secara khusus dan daerah secara umum agar lebih dikenal oleh masyarakat luas,” harapnya.

Mengenalkan daerah, lanjut Rody sangat penting terkait pengembangan daerah khususnya berkaitan dengan  agar potensi daerah yang pengembangannya bisa berhubungan dengan investor.

“Kalau orang tidak kenal daerah kita, bagaimana kita bisa menarik minat orang berkunjung ke daerah kita. Mengenalkan daerah inilah yang menjadi tanggung jawab kita bersama, khususnya bagi para Nanang Galuh yang menjadi duta wisata,” pungkasnya. (Sugianoor)