Masyarakat Diminta Jaga Kelestarian Perairan

oleh
Bupati Barsel Eddy Raya saat menghadiri perlombaan mancing di Desa Danau Sadar

BARITO SELATAN –  Masyarakat Barito Selatan (Barsel) diminta bisa menjaga kelestarian perairan. “Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian sumber daya perairan dan meningkatkan perhatian untuk menggunakan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan,” ungkap Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri pada lomba mancing di Desa Danau Sadar, akhir pekan lalu.

Eddy mengatakan, hal ini dilakukan agar terpeliharanya sumber daya perairan yang lestari, demi dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan hingga anak cucu nantinya.

“Kepada masyarakat, hendaknya jangan lagi menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan seperti alat setrum, potas atau racun ikan dan bahan-bahan berbahaya lainnya,” pinta Eddy Raya.

Apabila menggunakan alat yang berbahaya, maka akan mengakibatkan kerusakan ekosistem serta habitat sumber daya perairan, serta dapat merusak alam serta lingkungan.

“Sekali lagi saya tegaskan untuk menangkap ikan tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya,” tegasnya.

Lomba mancing ikan ini dilaksanakan di Desa Danau Sadar, selain ikannya masih banyak, juga untuk mempromosi kan kembali desa Danau Sadar yang pernah menjadi tempat lomba dayung tingkat nasional.

Selain itu, juga untuk wisata susur danau dan lomba-lomba tradisional lainnya yang bersifat menarik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

Di tempat yang sama, Ketua panitia lomba memancing, Rusdaasoqa mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI dan Hari Jadi Kabupaten Barsel yang ke-58.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan promosi dan sekaligus mengajak pecinta mancing ikan di alam agar menjaga kelestarian sumberdaya ikan sehingga tetap lestari dengan menggunakan alat penangkap ikan ramah lingkungan,” ucapnya singkat. (Dhana)