ICW Catat Rp605 Miliar Raib di Dua Objek Korupsi Bidang Kesehatan

oleh
ICW

PONTIANAK –  Indonesia Corruption Watch (ICW) mencatat, sedikitnya Rp605 miliar uang negara raib dari dua Objek Korupsi pada bidang Kesehatan di Indonesia tahun 2017 ini. Kedua objek tersebut dinilai kasus tertinggi jika dibandingkan delapan objek korupsi di bidang kesehatan lainnya.

Peneliti ICW, Siti Juliantoro Rachman saat berada di Pontianak, Kalimantan Barat mengungkapkan, dua objek korupsi tersebut adalah dana alat kesehatan dan dana jaminan kesehatan.

“Untuk dana alat kesehatan sebanyak 107 kasus dengan nilai kerugian negara mencapai Rp543,1 Miliar. Posisi kedua ditempati dana jaminan kesehatan sebanyak 26 kasus dan kerugian negara sebesar Rp62,1 Miliar,” ungkapnya, Senin (11/09/17).

Akibatnya, kasus tersebut berdampak pada kurang maksimalnya pelayanan kesehatan di Indonesia.

Juliantoro memaparkan, obyek korupsi kesehatan yang terjadi di Indonesia yaitu, dana alat kesehatan, dana jaminan kesehatan, infrastruktur rumah sakit, dana obat-obatan, infrastruktur Puskesmas, satpas rumah sakit, dana alat kontrasepsi, satpas puskesmas, dana operasional rumah sakit dan pengadaan lahan rumah sakit.

“Selama tiga tahun berturut-turut, kasus korupsi di bidang kesehatan selalu meningkat.  Peningkatan anggaran kesehatan tidak dibarengi dengan pengelolaan keuangan yang baik sehingga rentan dengan tindak pidana korupsi,” pungkasnya. (Andi)