Hujan Lebat, Jalan Putussibau – Kalis Selalu Tergenang Air

oleh
Jalan Putussibau - Kalis menuju Pontianak yang tergenang air

KAPUAS HULU –  Kondisi jalan antara Putussibau – Kalis menuju Pontianak, selalu tergenang air apabila terjadi hujan lebat. Akibatnya motor maupun mobil rendah tidak bisa melewati jalan tersebut.

Ironisnya, meskipun ketergenangan air tersebut sudah bertahun-tahun, belum ada upaya Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah setempat, memperbaiki saluran pembuangan ataupun meninggikan jalan agar tidak tergenang air.

“Permasalahan jalan tersebut sudah di koordinasikan ke Pemerintahan Pusat dengan cara mengirim surat ke bagian Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional, namun belum ada tindakan ataupun respon dari sana, tutur Pilu Rius, salah seorang pejabat di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum.

Melihat kondisi jalan tersebut, sejumlah warga Desa Nanga Kalis mengambil alternatif membuat jembatan darurat dengan menggunakan rangka kayu bulat dan lantai papan dengan panjang kurang lebih 50 meter, lebar 1,5 meter, dan di bangun kiri kanan jalan.

Dan setiap motor yang melewati jembatan tersebut, dipungut biaya sukarela. Sementara bagi yang keberatan ataupun tak punya uang, diminta untuk melewati jalur lain.

“Kami hanya membatu warga yang kesulitan melewati genangan air, dan pungutan sukarela hanya untuk mengganti biaya-biaya yang dikeluarkan membangun jembatan,” kata Aji, salah seorang pembuat jembatan. (Mulyadi)