Bupati Minta OPD Manfaatkan RRI Sanggau.

oleh
Bupati Didampingi Sekda Sanggau dan Kepala RRI Entikong Saat Melakukan Siaran Perdana RRI Sanggau

SANGGAU –  Bupati Sanggau, Paolus Hadi meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sanggau, Kalimantan Barat, agar memanfaatkan RRI Sanggau untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang sudah disiapkan pemerintah.

Penegasan tersebut disampaikannya usai melounching RRI Sanggau di kompleks Sabang Merah, Senin (11/09/17). Hadir dalam louching sekaligus HUT ke-72 RRI itu,  Bupati Paolus Hadi, Sekda Sanggau Al.Leysandri, Forkompimda, instansi vertikal, kepala RRI Entikong dan OPD di lingkungan Pemkab Sanggau.

Dengan hadirnya RRI Sanggau, Bupati berharap terjalin kemitraan yang baik dengan Pemerintah Daerah sehingga informasi – informasi yang merupakan wujud komitmen pemerintah daerah dalam rangka keterbukaan bisa disampaikan kepada masyarakat.

“Terutama OPD – OPD, jangan nanti ketika ditanya pembangunan kita tidak bisa menjawab, sekarang sudah ada ruangnya, gunakan ruang itu untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Artinya kita harus cerdas sekarang, apalagi kalau mau jadi kepala setingkat esok IIB, kalau tidak cerdas bingung mau jawab apa, waktu masuk dalam ruang siaran bingung sendiri, ketahuan kita ini tidak cerdas, ditanya tugas fungsi bingung jawab apa. Saya mint Gunakan betul RRI ini sebaik mungkin,” harap Bupati.

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Kabupaten Sanggau itu mengucapkan selamat HUT ke – 72 RRI, semoga RRI semakin jaya di udara.

“Saya bangga akhirnya di Kabupaten Sanggau memiliki dua RRI yaitu di Entikong dan Sanggau, tidak semua dapat kesempatan ini dan saya minta kepada masyarakat agar dimanfaatkan keberadaan RRI,”  ujarnya.

Kepala LPP RRI Entikong Oktovianus dalam sambutannya menyampaikan empat hal yang membuatnya bahagia. Pertama, diusianya yang ke-72, RRI lahir berbarengan dengan kemerdekaan RI. Setiap tahun kami menyalakan obor triprasetya yang menyelamatkan RRI.

“Salah satu poin penting dalam triprasetya adalah RRI berada di atas semua aliran, golongan, parpol dan lain sebagainya, karena apa karena point inilah yang menyelamatkan RRI,” katanya.

Kedua, pihaknya telah mampu bekerjasama dan besinergi dengan pemda sehingga RRI ada di Sanggau.

“Bupati telah begitu banyak membantu kami sehingga hari ini RRI Sanggau ada disini untuk memberikan informasi kepada masyarakat Sanggau. Yang ketiga, saya bahagia karena Dinas Kominfo Sanggau dibawah kepemimpinan Yulia Teresia bersedia membantu mewujudkan keberadaan RRI Sanggau, meskipun tidak sedikit rintangan yang dihadapi dalam mewujudkan RRI Sanggau in. Ke empat, dia meminta OPD, instansi vertikal dan horizontal bisa memanfaatkan RRI ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat,” paparnya.

Kepala Dinas Kominfo Sanggau, Yulia Teresia menyampaikan bahwa keberadaan RRI Sanggau ini, dalam rangka penyediaan sarana informasi kepada masyarakat yang disiapkan pemerintah. Untuk itu, ia berharap agar keberadaan RRI Sanggau dimanfaatkan sebaik – baiknya.

Yulia menjelaskan, lokasi RRI sama dengan Radio Daranante. Ia mengaku tidak khawatir dengan trafic frekuensi karena menurutnya semua sudah diatur.

“Untuk RRI Sanggau itu, berfrekwensi di FM 97 Mhz sementara Radio Daranante di FM 103,7 Mhz,” jelasnya.

Dengan hadirnya RRI Sanggau ini, diharapkan dapat mempercepat penyebarluasan informasi karena hak mendapatkan informasi adalah haknya semua masyarakat. Ia berkeinginan untuk menggalakan penggunaan radio kepada masyarakat yang saat ini bisa dengan Hand Phone ataupun radio biasa. (Indra)