20.500 Bibit Gurame Ditebar di Dam Biwit

oleh
Bibit ikan Gurame yang siap disebarkan

Kuala Kurun –  Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menebar 20.500 bibit ikan Gurame di Dam Biwit, Kelurahan Tewah, Kecamatan Tewah, Senin (4/9). Penebaran bibit gurame tersebut dilakukan untuk menjaga sumber daya ikan di wilayah setempat.

Sekretaris Diskan Kabupaten Gumas, Novera Yetrus Jaya menyampaikan bahwa penyebaran dilakukan di DAM Biwit mengingat di tempat itu sudah tersedia makanan alami bagi bibit gurame.

“Jadi kita tidak perlu lagi repot-repot memberi makanan untuk ikan yang sudah kita sebarkan,” katanya kepada wartawan.

Nantinya, jika bibit ikan Gurame tersebut sudah berkembang, maka masyarakat dapat memanfaatkannya untuk dikonsumsi. Tentunya, dalam menangkap ikan juga harus mengutamakan cara-cara yang ramah lingkungan seperti dengan menggunakan pancing, rengge, lunta dan lainnya.

Masyarakat diingatkan untuk menghindari menangkap ikan dengan cara-cara yang tidak ramah lingkungan serta berbahaya seperti menggunakan racun, putas, strum, dan desis.

“Masyarakat kami minta jangan pernah menggunakan cara-cara yang tidak ramah lingkungan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Produksi, Alma menjelaskan, sebelumnya pada tahun 2013 Diskan Kabupaten Gumas juga sudah pernah melakukan kegiatan penebaran bibit ikan di Dam Biwit.

Saat itu, lanjut dia, bibit ikan yang disebarkan adalah bibit ikan Jelawat. Kemudian pada tahun 2016 pihaknya juga menyebarkan bibit ikan Gurame sebanyak 34.000 di Dam Gohong Rawai Desa Tumbang Bunut, Kecamatan Rungan.

Dengan dilakukannya kegiatan penyebaran bibit ikan, diharapkan sumber daya ikan dapat tetap terjaga dan tidak mengalami kepunahan. (Ola)