Sejumlah Kepala Sekolah di Gunung Mas Bakal Dimutasi

oleh
Anggota DPRD Gumas (tengah) saat kunjungi salah satu SD di wilayah tersebut.
Kuala Kurun – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) telah mengusulkan mutasi beberapa kepala sekolah.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agung mengatakan,  sejauh ini proses telah diajukan kepada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Gumas.
“Sudah kami usulkan ke BKPP, untuk diproses, kita tuggu saja,” ungkapnya,  Jumat (6/9).
Dikatakannya, mutasi bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada guru-guru yang lain untuk bisa memperlihatkan kinerjanya.
“Karena, wajah sekolah adalah wajah kepala sekolah. Kalau kepala sekolah tidak cakap, maka sampai ke bawahnya juga sekolahnya akan loyo. Letak mutu pendidikan terletak dari kepala sekolah,” ucapnya.
Apalagi sambung dia,  kepala sekolah bukan jabatan, melainkan tugas tambahan. Sebenarnya, kepala sekolah seorang guru, tetapi diberikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah.
“Keberhasilan seorang kepala sekolah adalah mampu menjalin kerjasama yang baik dengan semua pelaksana pendidikan di bawahnya,” tandasnya.
Ia menambahkan, mutasi juga bukan suka atau tidak suka. Namun kita ingin jenjang pendidikan di Gumas baik bahkan lebih baik dari daerah-dah lainnya. Mengenai mutasi sudah sesuai dengan aturan, satu priode dijabat empat tahun.
Bisa diperpanjang, apabila mampu memiliki nilai lebih. Artinya, mampu mamanejemen sekolah dengan baik.
“Termasuk, menciptakan suasana sekolah yang kondusif,” bebernya.
Sementara itu,  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  gumas,  Iswandi Guna meminta,  agar tidak hanya kepala sekolah yang di mutasi,  melainkan guru.
“Guru disini yaitu yang sudah tidak produktif lagi,  sebab rugi pemerintah mengajih guru yang tidak produktif, “pungkasnya. (ola)