MTQ Tingkat Kabupaten Balangan Sukses Digelar

oleh
Pneyerahan Hadiah

Balangan – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan ke 11 yang dilaksanakan di Kecamatan Juai, sukses digelar dan tutup secara resmi oleh Bupati Balangan, H Ansharuddin, Sabtu malam (9/9).

Dalam agenda tahunan tersebut, Kafilah dari Kecamatan Batumandi menjadi Juara Umum, sedangkan Juara Umum MTQ per orangan diraih Tiara Ernita yang berasal dari Kafilah Kecamatan Lampihong, dan Juara favorit diraih oleh Syamsuri dari  Kafilah tuan rumah Kecamatan Juai.

Dalam sambutannya, Bupati Balangan, H Ansharuddin menyampaikan, ucapan terima kasih kepada panitia pelaksana serta semua pihak yang mendukung pelaksanaan MTQ ke 11 sehingga berlangsung dengan baik dan lancar.

Selain itu, orang nomor satu di Bumi Sanggam ini, berpesan bagi para pemenang MTQ untuk segara mempersiapkan diri, guna menghadapai even yang lebih tinggi yakni, gelaran MTQ di tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan di Banjarmasin nanti.

Persiapan diawal, kata Anshar, karena Musabaqah Tilawatil Quran ini memiliki makna yang sangat pentin. Bukan hanya sekedar lombanya, tapi juga untuk membangun karakter dan kepribadian generasi penerus.

“Al-Quran adalah penuntun jalan hidup yang baik, dan itu harusnya dijadikan pegangan generasi muda untuk menuntun hidupnya selama disunia,” jelasnya.

Untuk itu, dirinya berpesan, kepada Qori dan Qoriah bisa menjadikan MTQ  sebagai wahana untuk mempelajari dan membumikan (melaksanakan ajaran) Al-Qur’an.

“Semangat Al-Qur’an mempunyai nilai-nilai toleransi dan harmoni yang telah berjalan sekian lama. Untuk itu, jagalah keragaman umat beragama untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI lewat semangat Al Quran ini,” pesannya.

Sedangkan, Camat Juai selaku Ketua pelaksana MTQ ke 11, Lukmanul Hakim mengatakan, pihaknya bersyukur atas terlaksananya  kegiatan yang berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir.

“Semuanya tentu tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari semua pihak,” imbuhnya.

Disebutkannya, dari semua ajang lomba, semua kafilah dari delapan kecamatan bersaing dengan ketat dan sportif. Dan semua kafilah memiliki kemampuan yang bagus. Namun dari baik dan bagus tentu harus ada yang menjadi yang terbaik guna menjadi juara.

“Dari hasil perolehan nilai, untuk juara kecamatan yang terbaik diperoleh Kecamatan Batumandi, Disusul Kecamatan Lampihong sebagai juara kedua, dan ketiga dari Kecamatan Awayan,” pungkasnya. (Sugi Anoor)