Kontingen Mempawah Juara Olahraga Tradisional

oleh
Kontingen Kabupaten Mempawah yang mengikuti kejuaraan Olahraga Tradisional di Sintang

Sintang – Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 34  seKalimantan Barat yang dipusatkan di Kabupaten Sintang membawa hasil yang sangat baik bagi kontingen kabupaten Mempawah.

Dalam kegiatan Haornas itu sejumlah kejuaraan olahraga digelar mulai Olahraga prestasi, olah raga masyarakat dan olahraga tradisional.

Kontingen Mempawah kali ini hanya mempersiapkan Atlet terbaiknya untuk mengikuti kegiatan Olahraga tradisional, diantaranya Enggrang, terompah panjang, dan tarik tambang, hasil yang memuaskan bagi kabupaten Mempawah dari ketiga cabang olahraga yang diikuti semua berhasil menyumbangkan medali bagi kabupaten mempawah.

Enggrang putra juara 1, tarik tambang putra juara 1, terompah panjang putra juara 2 dan terompah panjang putri juara 2. Dari hasil tersebut Mempawah keluar sebagai juara Umum di bidang olahraga Tradisional.

Ketika ditemui B-OneTV.id  Kepala dinas DIKPORAPAR Kabupaten Mempawah Firman juli, mengungkapkan keberhasilan  Mempawah merupakan buah dan hasil nilai dan semagat juang dengan sungguh.

“Syukur alhamdulilah kita bisa juara. Perlunya olahraga tradisional yang mana hampir terlupakan, karena dengan adanya pergeseran oleh perkembangan zaman dibidang teknologi. nilai nilai budaya bisa saja terkikis oleh kemajuan zaman, bisa saja regenerasi mendatang sudah tidak lagi melihat dan tahu dengan olahraga tradisional yang ada di masyarakat,” ujar Firman, Minggu (10/9).

Sementara itu Hamzah, atlet enggrang yang berhasil menjadi juara dalam kegiatan tersebut mengungkapkan rasa bangganya setelah menjadi juara dalam kategori tersebut. Ia juga berterima kasih kepada Kepala Dinas DIKPORAPAR Mempawah yang telah menyokong atlet dalam kejuaraan itu.

“Sebagai atlet olah raga tradisional saya sangat berharap jika olahraga ini juga mendapatkan dukungan dan perhatian dari Pemerintah daerah kabupaten Mempawah, melalui dinas instansi terkait. Agar olah raga tradisional tetap terjaga dan tak termakan oleh zaman,” pungkas Hamzah. (Boy)