Kata KPU Kayong Utara Terkait Tahapan Pilkada

oleh
Sosialisaasi tahapan yang digelar KPU Kayong Utara
Kayong Utara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara (KKU) menyelenggarakan tahapan penyerahan dukungan pasangan calon persorangan dan pasangan calon Partai Politik (Parpol) atau gabungan Parpol pemilihan Bupati dan Wakil Bupati KKU tahun 2018, Minggu (10/9).
Ketua KPU KKU, Dedy Effendy mengatakan, terhadap pasangan calon perseorangan, jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 menjadi dasar penetapan dan persebaran bagi pasangan calon persorangan.
“Untuk dasar calon perorangan kita memakai DPT pada Pemilu Presidan dan Wakil Presiden 2014 lalu. Yakni sebanyak 75.488 pemilih dari jumlah DPT di enam Kecamatan yang ada di KKU,” kata Dedy Effendi.
Lanjut Dedy Effendy, adapun jumlah paling sedikit dukungan persyaratan pasangan calon perseorangan tahun 2018 yaitu sejumlah 10 atau 10 per 100 dari jumlah DPT yakni 7.545 pendukung.
“Dukungan bagi calon perseorangan untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tersebut harus tersebar di lebih dari 50 persen atau 50 per 100 dari jumlah Kecamatan, yakni minimal di empat Kecamatan,” jelas dia.
Mengenai paling sedikit suara dukungan Parpol, dijelaskan dia, Parpol atau gabungan Parpol dapat mengusulkan bakal pasangan calon dengan ketentuan memperoleh paling sedikit 20 persen atau 20 per seratus dari jumlah kursi di DPRD yaitu lima kursi.
Hal demikian merupakan, 25 persen atau 25 per 100 dari akumulasi perolehan suara sah Parpol peserta pemilu dalam pemilu anggota DPRD KKU tahun 2014, dengan jumlah 14.195 suara sah.
Selanjutnya, dalam hal Parpol atau gabungan Parpol mengusulkan bakal pasangan calon menggunakan ketentuan memperoleh paling sedikit 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah.
“Akan tetapi, ketentuan tersebut hanya berlaku bagi Parpol yang memperoleh kursi di DPRD pada pemilu legislatif tahun 2014 denga total 12 partai yang terdiri dari 25 kursi,” tegasnya.
Ia menambahkan, pelaksanaan tahapan penyerahan dukungan yang dilaksanakan pihaknya guna menindaklanjuti surat edaran KPU RI. Sehingga penting untuk dipublikasikan kepada publik.
“Kegiatan ini juga digelar secara serantak diseluruh KPU Daerah yang ada di Indonesia,” tutupnya.
Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam tersebut juga dihadiri Ketua Panwaslu KKU, Dahlia beserta dua komisioner Panwas dan sejumlah awak media.(Rizar)